MTsN 3 Nganjuk Raih Juara Umum 3 Kirab Pandu Patria XV Tahun 2021 Se-Jawa Timur Terbuka



Kab. Nganjuk (MTsN 3) – Laskar Gardajaya sebutan Pasukan Khusus Pramuka MTs Negeri 3 Nganjuk kembali mengukir prestasi di tingkat Jawa Timur. Laskar Gardajaya berhasil meraih Juara Umum 3 dalam Lomba (Kirab Pandu Praja Patria) KP3 ke-XV tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kwarcab Kota Blitar secara online, pada Minggu s/d Senin (22-23 Agustus).

Kirab Pandu Praja Patria merupakan perlombaan yang diselenggarakan untuk meningkatkan kemantapan dan kesiapan mental, fisik, pengetahuan jiwa kepemimpinan serta kepercayaan terhadap diri sendiri dalam menjawab tantangan zaman yang semakin  kompleks. Meningkatkan rasa bertanggung jawab dan cinta terhadap Nusa Bangsa dan agamanya, yang mana sasaran akhirnya adalah terbentuknya watak kepribadian dan akhlak mulia.

Pembukaan Lomba Kirab Pandu Patria dilaksanakan pada Minggu (01/08) menggunakan aplikasi zoom, diikuti oleh 26 Pangkalan se-Jawa Timur Open. Sedangkan untuk proses perlombaannya semua peserta diwajibkan upload video perlombaan YSD (Yel, Song, and Dance) pada 22 Agustus 2021 dan LCC secara online pada tanggal  23 Agustus 2021. Sedangkan untuk penjurian dilaksanakan tanggal 22-26 Agustus 2021.

Saat pengumuman Kejuaraan pada tanggal 31 Agustus 2021, diumumkan bahwa MTsN 3 Nganjuk menjadi Juara Umum 3 Kirab Pandu Patria Ke- XV Tahun 2021 Se-Jawa Timur Terbuka. Selain itu ada 4 piala yang berhasil diraih oleh Regu Garuda Emas dan Regu Wijaya Kusuma MTsN 3 Nganjuk. Juara 1 YSD Putera, Juara 3 YSD Puteri, Juara 1 Regu Putera dan Juara Harapan 2 Regu Puteri.

“Selamat ya anak-anakku, ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi gudep kita. Ini merupakan hasil dari perjuangan adik-adi. Kita tahu walau ini masih kondisi pandemi, tapi kalian semua tetap giat berlatih setiap hari, tetap bergiat di kepramukaan dengan sukarela, tentunya dengan izin dan do’a restu orang tua adik-adik, alhamdulillah kalian berhasil meraih Juara Umum 3 Lomba KP3 ke-XV Tahun 2021. Jadikan keberhasilan ini sebagai motivasi untuk terus berkreasi supaya kedepannya prestasi ini bisa lebih baik lagi. Tetap semangat, tetap rendah hati, karena prestasi hebat tanpa diiringi dengan akhlak yang mulia tidak akan dihargai. Oleh karena itu, akhlak tetap dijaga dan prestasi terus dikejar," ucap Sundosin Kamabigus MTsN 3 Nganjuk.

Sementara itu, Nabila Salsabila, salah satu peserta KP3, menyampaikan bahwa keberhasilan dalam KP3 2021 tak terlepas dari dukungan Kamabigus, bimbingan Pembina, do’a restu orang tua dan kerja keras. 

“Kami benar-benar bersyukur dan bahagia atas prestasi yang kami raih, ini semua berkat dukungan dari Kamabigus MTsN 3 Nganjuk, bimbingan pembina, do’a restu orang tua, dukungan dari alumni dan kerja keras teman-teman dalam berlatih. Kami berlatih setiap hari, anggota regu kami juga baru, karena selama pandemi kita jarang berlatih dengan anggota baru. Atas usaha dan ketekunan kami dalam berlatih, alhamdulillah kami bisa meraih prestasi yang membanggakan. Kami akan terus berlatih dan berkarya, semoga di tahun berikutnya prestasi kami bisa lebih baik lagi,” ungkap Salsa. (am)

ed:ev