Siswi MAN 1 Banyuwangi Juara Kompetisi Robot Tingkat Internasional



Siswi MAN 1 Banyuwangi Juara Kompetisi Robot Tingkat Internasional

Kab. Banyuwangi (MAN 1)-- Dua Siswi MAN 1 Banyuwangi, Iftitah Ahdani kelas X MIPA 2, dan Amelia Cahyawati kelas XI MIPA 3, berhasil mendapatkan medali perunggu atas prestasi gemilang dalam kejuaraan Internasional Youth Robot Competition yang di selenggarakan secara online pada tanggal 21-23 Agustus lalu, (1/09).

Penilaian yang dilakukan secara virtual ini dikompetitori langsung oleh kompetitor dari Rusia, Thailand, Indonesia, India, dan Mongol lewat vidio pembuatan robot yang telah mereka persiapkan sebelumnya.

Iftitah selaku salah satu peserta kompetisi tersebut menuturkan bahwasanya pengerjaan proyek ini sangat lah tidak mudah. Kendala yang disebabkan oleh pandemi membuat ia dan rekannya harus pintar-pintar dalam mengatur waktu untuk menyelesaikan pembuatan robot tersebut.

"Kendalanya ya, daring itu, kita harus bisa pinter-pinter bagi waktu antara projek pembuatan robot dan pelajaran sekolah," ujarnya.

Kepala MAN 1 Banyuwangi Saeroji menuturkan bahwa siswa-siswi yang mengikuti kompetisi robotik ini mendapatkan penghargaan dalam 2 ajang robotik internasional yang  juga diselenggarakan di Hongkong dan Afrika Selatan.

"Penghargaan yang diperoleh adalah Honorable Mention. Yaitu, penghargaan atas partisipasi dan upaya luar biasa yang dilakukan dalam menyelesaikan penelitian rekayasa/robotika, dan penghargaan untuk kategori Visitor's Favorite Award dengan perolehan skor tertinggi,” terangnya.

Dirinya juga mengapresiasi bahwa pihak madrasah akan menyediakan beasiswa untuk siswa yang berprestasi  di lembaganya, agar mereka terbantu untuk biaya pendidikan di MAN 1 Banyuwangi. Tidak hanya itu, dirinya juga akan mengarahkan siswa siswi yang berprestasi untuk kelas akhir yang ingin masuk ke jurusann yang mereka inginkan saat mereka ingin masuk di kampus favorit yang mereka inginkan.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kemenag Banyuwangi, Slamet  memberikan  ucapan selamat kepada MAN 1 Banyuwangi atas keberhasilan siswa siswinya yang telah menorehkan prestasi dalam kompetisi Internasional Youth Robot Competition.

"MAN 1 Banyuwangi semakin hebat, bermartabat, Mandiri penuh prestasi. Selamat dan Sukses untuk keluarga besar Madrasah Aliyah  Negeri 1 Banyuwangi, mudah mudahan bisa menginspirasi madrasah yang lain untuk bangkit berprestasi. Kepada madrasah madrasah yg selama ini sudah menorehkan prestasi saya juga ucapkan Selamat dan Selamat," pungkasnya. (syaf/yasin)

Editor: isn