Pendaftaran Haji di Jawa Timur Dibuka Kembali



Pendaftaran Haji di Jawa Timur Dibuka Kembali

Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Jawa Timur mengumumkan layanan pendaftaran haji di kabupaten/kota di Jawa Timur dibuka kembali. Hal itu diungkapkan oleh Plt. Kakanwil Kemenag Jatim, Nurul Huda, di ruang kerjanya, Rabu sore (01/09/2021).

"Setelah sempat ditutup karena pemerintah memberlakukan ppkm darurat," ujarnya. Keputusan membuka kembali layanan pendaftaran haji ini berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri no 38 tahun 2021 tentang tentang pemberlakuan PPKM level 4, 3 dan 2 di pulau Jawa dan Bali. "Selain itu juga berdasarkan edaran Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI tanggal 27 Agustus 2021 tentang pembukaan pendaftaran haji reguler," jelas pria berkacamata ini.

Pria asli Pacitan yang juga sebagai Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jatim ini menjelaskan karena beberapa daerah sudah mengalami penurunan status PPKM, maka pendaftaran haji bisa di buka kembali.

"Adapun pelaksanaan pendaftaran haji reguler pada Kankemenag kabupaten/kota tetap diberlakukan pembatasan 50% dari kapasitas ruang tunggu dengan protokol kesehatan ketat dan dikondisikan dengan level daerah setempat," lanjutnya. Sebagai informasi, jumlah pendaftar haji per 01 September ada 1.033.857 pendaftar, dengan masa tunggu 32 tahun. (lai)