Peringatan 10 Muharram di MIN 10 Magetan



Kab. Magetan (MIN 10) - Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang istimewa dalam Islam. Selain sebagai awal Tahun Hijriyah, dalam bulan Muharram terdapat beberapa keistimewaan yang terkandung didalamnya. Salah satu keistimewaan tersebut ialah Idul Yatama (Hari Raya Anak Yatim) yang jatuh pada 10 Muharram. Momentum ini didasarkan pada anjuran Nabi Muhammad SAW yang sangat menyayangi anak yatim, terlebih pada Hari Asyura (10 Muharram).

            Untuk memperingati Hari Asyura dan Idul Yatama, MIN 10 Magetan melaksanakan kegiatan santunan anak yatim piatu. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2021 tepat 10 Muharram 1443 H. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh dewan guru serta siswa-siswi yang masuk di hari tersebut. Pada kegiatan itu diberikan sedikit santunan berupa uang tunai, kepada 13 siswa dan siswi MIN 10 Magetan yang diistimewakan oleh Allah dengan di ambil salah satu dari orang tuanya menghadap kepada-Nya.

            Kegiatan santunan yatim piatu ini merupakan kegiatan tahunan dari MIN 10 Magetan. Tidak hanya dewan guru yang dilibatkan, siswa-siswi juga turut serta dengan menyisihkan sedikit uang saku untuk berbagi dengan sesamanya. Tujuan dari kegiatan ini selain untuk memperingati Hari Asyura, juga melatih siswa-siswi untuk bisa berbagi dan peduli dengan sesamanya, apalagi dimasa pandemi seperti ini.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala MIN 10 Magetan Muh’atiq berpesan kepada seluruh siswa-siswi. “ Kita harus saling berbagi dan peduli dengan sesama, terutama kepada saudara-saudara kita yang yatim piatu. Karena sesungguhnya saling peduli dan berbagi itu merupakan sesuatu hal yang mulia,”. tutur Muh'atiq. Harapan terbesar dari seluruh dewan guru MIN 10 Magetan, semoga seluruh anak yatim piatu di MIN 10 Magetan kelak menjadi pribadi tangguh yang membanggakan bagi orang tuanya. Aamiin. (humas)

ed:ev