MAN 1 Kota Madiun Adakan Penempuhan Scarf PMR



Kota Madiun (MAN 1) – Sebagai upaya lebih mengenal dan memperdalam wawasan tentang ilmu Palang Merah Remaja (PMR), melatih mental dan fisik serta kemandirian sebagai anggota, PMR MAN 1 Kota Madiun mengadakan Penempuhan Scarf PMR Kelas XI, sebanyak 30 siswa di halaman madrasah pada Rabu (18/8), dengan menerapkan protocol kesehatan 5M.

Penempuhan PMR yang mengambil tema “Semangat Kemanusiaan sebagai Bentuk Relevan yang Tanggap, Terlatih dan Profesional” bertujuan untuk menanamkan dan menumbuhkan kesadaran sifat social terhadap masyarakat, melatih diri dengan praktek/pengalaman yang terjadi di masyarakat

Siti Chusnul selaku Pembina PMR saat membuka kegiatan ini, menegaskan bahwa anggota PMR MAN 1 Kota Madiun harus mematuhi Tri Bakti PMR yaitu dengan 1.) Meningkatkan ketrampilan hidup sehat, 2.) Berkarya dan berbakti di masyarakat, dan 3.) Mempererat persaudaraan nasional dan internasional.

“Dalam PMR dikenalkan pula 7 Prinsip Dasar yang harus diketahui dan dilaksanakan oleh setiap anggota PMR, yang dikenal dengan nama “7 Prinsip Dasar Palang Merah” meliputi, 1.) kemanusiaan (humanity), 2.) kesamaan (impartiality), 3.) kenetralan (neutrality), 4.) kemandirian (independence), 5.) kesukarelaan (voluntary service), 6.) kesatuan (unity), dan 7.) kemestaan (universality). Sungguh mulia bila ke 7 prinsip dasar ini bisa dilaksanakan” tandasnya.

Di akhir kegiatan ini, dilakukan simulasi penggunaan tandu, pembekalan dan pelayanan di bidang Kesehatan. Dan diharapkan seluruh peserta Penempuhan Scarf ini bisa mengemban amanah dengan baik, selalu kompak, disiplin menerapkan protocol kesehatan dan tetap semangat. (FTM/da)