MoU Kemenag Magetan Dengan Dipenduk Capil Magetan



Kab. Magetan (Humas) - Upaya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Magetan dalam mempermudah proses pencatatan sipil dan sharing data kependudukan antar lembaga pemerintahan, salah satunya adalah dengan menginisiasi MoU (Memorandum of Understanding) dengan Kemenag Magetan, yang ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman. Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu (23/06) di Aula Harmada Joglo Kab Magetan, dengan dihadiri 25 orang yang terdiri dari Kasubag TU, Kasi, Penyelenggara Zawa, Kepala KUA dan Penghulu.

“Saya berterima kasih kepada Dispenduk Capil Magetan karena pelaksanaan MOU ini akhirnya bisa tercapai. MOU ini bertujuan agar kita dalam memberikan pelayanan di masyarakat semakin meningkat. Biasanya data-data catin  ada beberapa sering berubah, kaitanya dengan  persyaratan catin tidak bisa di Kemenag saja,  dan itu butuh juga kebijaksanaan dengan  Dispenduk  Capil. Saya mohon, setelah acara ini akan ada tindak lanjut yang lebih aplikatif seluruh proses pernikahan di seluruh kecamatan" ujar KaKankemenag Kab Magetan Muttakin, dalam sambutannya

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Dispendukcapil Magetan dan Kantor Kemenag Magetan ini  berkaitan dengan kebutuhan integrasi data. Dalam MOU ini, disepakati kedua lembaga akan saling bertukar data yang akan memudahkan kedua belah pihak, khususnya  dalam urusan pernikahan. 

Harapan Muttakin, kedepan akan muncul kerja sama berikut nya, yakni catin setelah menikah dan kedepannya akan menerima buku nikah, Kartu nikah, juga menerima KK baru, KTP baru.

Sementara itu Kepala Dispenduk Capil Magetan Hermawan dalam  sambutannya menyampaikan bahwa “Sekarang ini banyak  Kankemenag yang MOU dengan Dispenduk Capil,  guna memberikan pelayanan di masyarakat agar bisa lebih maksimal. Nantinya pengantin baru  selain menerima buku nikah, kartu nikah juga akan menerima KK baru dan KTP baru, dengan perubahan status identitas baru sudah menikah dari Dispenduk Capil" (pty)

ed:da