Tingkatkan Kualitas Iman dan Taqwa, MAN 1 Kota Madiun Gelar Pondok Ramadhan



Kota Madiun (MAN 1) – Adalah sebuah kegiatan pembelajaran agama yang diselenggarakan oleh suatu lembaga pendidikan di bulan puasa dengan berbagai bentuk kegiatan keagamaan seperti sholat berjamaah, tadarus dan kajian Al-Qur’an serta pendalamannya, yang telah digelar MAN 1 Kota Madiun secara luring pada Senin (19/4) hingga Sabtu (24/4).

Kegiatan yang dinamakan Pondok Ramadhan, disiapkan bagi siswa untuk menjadi generasi yang memiliki spiritual dan kepribadian Islami, serta adanya peningkatakn kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.

Diikuti 139 siswa kelas X jurusan MIA, IIS dan IIK, pondok Ramadhan dilaksanakan secara bergantian dalam 2 kelompok. hal ini sebagai wujud penerapan protocol Kesehatan dengan pola 5M. Untuk kelompok pertama, terdiri dari kelas X MIA 1, 2 dan 3 pada hari Senin, Rabu dan Jumat sedangkan kelompok kedua, yang terdiri dari kelas X IIS 1, IIS 2 dan IIK, dilaksanakan pada Selasa, Kamis dan Sabtu.

Dibuka secara langsung oleh Kepala MAN 1 Kota Madiun Imam Tafsir, dan disampaikan bahwa kegiatan pondok Ramadhan ini sangatlah penting untuk diikuti oleh seluruh siswa dengan harapan seluruh siswa kelas X bisa mengisi kegiatan ramadhan dengan penuh semangat dan melaksanakan puasa tuntas di akhir bulan.

Penguatan materi fiqih ibadah disampaikan oleh H, Sudjono dan Hj. Asroliyah, A’Maliyah dan Nurhadi yang mengajarkan akan pentingnya shalat, zakat, puasa dan thaharoh, sedangkan penguatan tentang akhlaq juga diampaikan oleh Taufiqqurrahman dan Agus Djunaidi.

 

Kegiatan pondok Ramadhan yang disusun dan dilaksanakan dengan sedemikian rupa, untuk melatih spiritualitas siswa di bulan Ramadhan. (KA/da)

ed:ev