Audiensi Kakanwil dengan FKUB Kabupaten Malang : Perkuat Moderasi Beragama



Sidoarjo (kub) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Malang mengunjungi  Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur  dalam rangka Audiensi dengan  Kakanwil, Ahmad Zayadi pada Senin (1/3).  Bertempat di Aula utama Kanwil Kemenag Jawa Timur, forum yang beranggotakan para tokoh dari berbagai agama  ini menyampaikan beberapa hal secara langsung kepada Kakanwil.

Dalam kesempatan dialog langsung tersebut, ketua FKUB Kabupaten Malang, M. Sholeh  menyampaikan beberapa hal antara lain rasa terima kasih atas sokongan anggaran dari Kanwil Kemenag Jatim dan ditunjuknya Desa Pakis Aji sebagai Desa Sadar Kerukunan pada tahun 2019. Pada tahun 2021 ini, FKUB merekomendasikan dua desa yang ada di Kabupaten Malang untuk menjadi Desa Kerukunan Umat Beragama, yaitu Desa Sidodadi Gedangan dan Desa Wiro Taman, Ampel Gading. Selain icon kerukunan, kedua desa tersebut dipersiapkan untuk menjadi desa wisata religi.

Kakanwil dalam sambutannya menegaskan bahwa Kanwil Kemenag Jatim adalah rumah bagi umat beragama. 

“Kita melayani kebutuhan umat beragama di Jawa Timur,” tegas Zayadi.  

Ia menambahkan FKUB adalah instrumen kelembagaan untuk membangun kerukunan, ketertiban, kedamaian umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Acara sambutan dilanjutkan sesi tanya jawab yang berjalan secara interaktif. Pertanyaan-pertanyaan dari anggota FKUB tentang permasalahan kehidupan beragama di masyarakat dijawab secara jelas oleh Kakanwil.

Audiensi ini diakhiri dengan acara foto bersama yang tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. (ev)