Sabtu, 20 Oktober 2018, 06:03

thumbnail

Guru Ekonomi MAN 3 Kediri Ikuti TOT tentang OJK dan IJK

Jum'at, 17 November 2017, 13:36

Kab. Kediri (MAN 3) – Guru Ekonomi MAN 3 Kediri Fatati Nuriana, Insunarni Ratna Puspitasari dan Sri Purnomoningsih mengikuti Training of Trainers (TOT) tentang Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) dan Industri Jasa Keuangan (IJK) di hotel Grand Surya Kediri, Kamis (16/11). TOT  tersebut diikuti  51 peserta anggota  Musyawarah Guru Mata Pelajaran  (MGMP) Ekonomi  MA Kabupaten Kediri. Berikut ini laporannya.

Narasumber OJK, Ambar Kartika menyampaikan Literasi dan Edukasi OJK, OJK adalah lembaga yang independen dan bebas dari campur tangan pihak lain, yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan. OJK dibentuk berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.

“OJK didirikan untuk menggantikan peran Bapepam-Lembaga Keuangan dalam pengaturan dan pengawasan pasar modal dan lembaga keuangan, serta menggantikan peran Bank Indonesia dalam pengaturan dan pengawasan bank, serta untuk melindungi konsumen industri jasa keuangan,” jelasnya.

Selanjutnya,  materi Literasi Produk Pegadaian oleh Hakim Setiawan dan Sinergitas PT Pegadaian (Persero) dengan PT Jasa Raharja Putera dalam Penyelenggaraan Program Asuransi Kredit Cepat Aman (KCA) Pegadaian oleh I Gede Made Sudarma.

 

“TOT tersebut bermanfaat, karena kami mendapatkan ilmu pengetahuan langsung dari praktisinya, terutama OJK sebagai lembaga baru. Materi yang disampaikan sesuai dengan K 13 kelas X pelajaran ekonomi.,” pungkas Insunarni mewakili dua rekan guru yang lain. (OK)

Editor: isn/hans/mn

Bagikan ke Teman Anda :

Dibaca Oleh 206 Pengunjung