logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014.

Kasi PAIS : Penuhi Rasio, Tahfidz-Tilawah-Madin Resmi Diakui Sebagai Tambahan Jam Mengajar Sampai 6 JP

Kamis, 16 November 2017, 15:08
Kasi PAIS A. Hudaibi didampingi ASN Raden Jamal dan Rahmawati Kahar sedang memberi materi dalam acara Rapat Koordinasi Pencairan TPG dan Pengisian Da

Kab. Gresik (Inmas PAIS) - Rabu (16/11) jam 08.00 WIB di Aula Lantai dua Kasi PAIS A. Hudaibi memimpin Rapat Koordinasi Pencairan TPG dan Pengisian Data Emis Format Baru. Beliau mengharapkan peserta sebagai guru PAI untuk memprogramkan Tahfidz, Tilawah  dan Madin dalam pengajaran, untuk memenuhi kekurangan rasio yang berakibat tidak diterimanya dalam aplikasi Simpatika dan Emis. Karena  tahfidz, tilawah dan  Madin telah  resmi diakui sebagai tambahan mengajar sampai dengan 6 jam pelajaran. Alasan lain sebab tuntutan sekolah yang berada di Kab.Gresik adalah kota yang Agamis, maka besar tidaknya jumlah murid tergantung pada guru PAI bagaimana memprogram pendidikan keagamaan.  Dianjurkan pada hafalan Al-Qur’an harus ada target, misal kelas VI hafal Juz Ammah, SMP dan SMA. Demikian juga ditargetkan sampai berapa prosen untuk SD, SMP, dan SMA. Peserta mendengarkan dengan seksama yang berasal dari pengawas PAI, Guru PAI,  KKG PAI, MGMP PAI.

A.Hudaibi juga memberikan Informasi bahwa tahun ini ada lomba-lomba antara lain : Pentas Pais, Karya Ilmiyah Remaja (KIR) PAI, dan Cerita Islam (CERIS). Dengan hadiah yang tergolong besar untuk juara pertama sampai 17 Juta rupiah, dan Harapan II sampai 7 juta 500 ribu rupiah. Untuk KIR dan CERIS mulai lomba tanggal 27 Nopember 2017 dan pengumumannya  tanggal 4 Desember 2017. 

Untuk Lomba Guru dengan kategori  antara lain : Guru PAI inovatif, Guru PAI Dedikatif dan Dosen PPAI Produktif. Lomba ini dilakukan sangat mendesak tanggal 17 Nopember 2017. Hasilnya akan ditampilkan pada PENDIS EKSPO bertempat di Tanggerang tanggal 21 samapai 24 Nopember 2017.

Biasanya pemberkasan diadakan pada akhir November, tetapi pada tahun ini akan dimajukan sedikit karena tuntutan Emis dengan format terbaru. Seperti halnya terhutang ke guru PAI  tahun 2014, menurut Kanwil sesuai yang dimiliki guru, di BRI ada datanta antara lain NIK dan lain-lain maka akan didaftarkan pihak Seksi PAIS dan akan dicairkan kemudian, maka akhir bulan ini akan diundang semua guru tersebut ke kankemenag Kab. Gresik” jelasnya.

“Peserta wajib melengkapi data-data guna pengisian pemutakhiran data EMIS TA. 2017/2018. Alasannya sangat tegas dari Kanwil dan Dirjen Pendis yaitu Kementerian Agama tidak akan memberikan pelayanan apapun pada guru, pengawas dan sekolah yang tidak melengkapi dara emis dengan format yang baru,” Pungkas Kasi PAIS.

Materi pertama bertajuk Pencairan TPG oleh  Raden Jamal Pegawai Seksi PAIS, diawali dengan memohon diketahui semua peserta bahwa pencairan TPP tidak secepatnya cair sesaat setelah pemberkasan, karena harus ada alur panjang yang harus dilalui. Alur tersebut antara lain : 1. Pengumpulan berkas ke Seksi PAIS, 2. Penelitihan satu per satu berkas oleh Seksi PAIS, 3. Diserahkan ke Bendahara 4. Bendahara membuat surat dengan tanda tangan Kepala Kantor Kemenag Gresik, 5. Lalu diajuka ke KPPN, 6. Pencairan KPPN  Surabaya ke Rekening masing-masing guru. Seksi PAIS hanya mengetahui data tertulis tetapi tidak mengetahui fisik pencairan TPG tersebut. Bila pencairan terhitung lebih dari 1 Milyar maka membutuhkan waktu 5 hari kerja. Batas pencairan di KPPN Surabaya paling lambat tanggal 6 Desember tahun 2017.  Beliau mengakhiri materi bahwa “Insya’allah kabupaten Gresik cair sekitar pertengahan atau akhir Desember 2017  dan jangan lupa untuk  pemberkasan masing-masing guru harus dijadikan 1 bendel pada 1 map snal heder, mengantisipasi ada guru yang tidak kirim berkas tapi TPG-nya cair”.

Materi yang kedua adalah Pengisian data Emis dengan format terbaru dijelaskan oleh Rahmawati Kahar pegawai Seksi PAIS. Peraturan terbaru guru harus mengisi data emis secara online sendiri , tidak seperti dahulu guru mengisi di exel lalu yang mengisi secara online adalah operator Emis kabupaten.  Untuk alamat pertama adalah : https:// emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/main.php . Dan selanjutnya diberikan langkah-langkah pengisian emis format terbaru dengan bantuan komputer online yang disambungkan ke layar LCD, sehingga bisa dipahami dengan baik oleh peserta. (TRI.HF)



Editor : gresik

Berita Terkait

Evaluasi UAMBN Di Kemenag Gresik Bagi MI, MTs dan MA TP. 2017/2018

Kamis, 12 Juli 2018, 15:44

Kab. Gresik (Pendma) – Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik  Rabu (11/07) menggelar  Evaluasi UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional) di lingkun...

H. Supandi Buka Pelatihan Senam Ceria Islami IGRA Kabupaten Gresik

Rabu, 11 Juli 2018, 16:14

Kab. Gresik (Inmas) - Selasa (10/07) di Aula Kankemenag Kab.Gresik. diadakan acara halal bi halal dengan inti acara Pelatihan " senam ceria islami". Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemena...

Kakankemenag Gresik Berikan Manasik Haji Di KUA Kebomas Gresik

Selasa, 10 Juli 2018, 15:35

Kab. Gresik (Inmas) - Ibadah Haji adalah berkunjung ke baitullah (Ka’bah) untuk melakukan beberapa amalan antara lain : wukuf, mabit, thawaf, sa’i dan amalan lainnya. Untuk dapat melaksa...

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik Lantik 7 Pejabat Struktural dan Fungsional

Jum'at, 06 Juli 2018, 16:23

Kab.Gresik (Inmas) – Jum’at  (6/7) pukul 13.00 bertepatan di aula lantai dua Kantor Kemenag Gresik dilaksanakan pelantikan pejabat baik struktural maupun pejabat fungsional. Kepala Ka...