logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014, Nikah di KUA GRATIS, di Luar KUA Membayar Rp 600 ribu, Disetorkan Langsung ke Bank, ZONA INTEGRITAS KUA, Tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan Jika Terbukti!. Anda ingin Umrah? Pastikan 5!!! Pasti Travelnya, Pasti Jadwalnya, Pasti Terbangnya, Pasti Hotelnya, Pasti Visanya.

MAN 1 Kota Probolinggo Gelar Pembinaan Penguatan Tugas, Fungsi Serta Mutu Madrasah

Kamis, 19 Oktober 2017, 07:24
Direktur KSKK Kemenag RI, H. A. Umar (batik) memberikan pembinaan di MAN 1 Kota Probolinggo (Foto : Rief)

Kota Probolinggo (MAN 1)  - Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo melaksanakan kegiatan yang bertemakan Pembinaan Penguatan Tugas dan Fungsi ASN Untuk Peningkatan Pelayanan Serta Mutu Madrasah, Rabu (18/10) di Aula MAN 1 Kota Probolinggo, dengan  menghadirkan Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia, H. A. Umar sebagai narasumber.  

Kepala Kemenag Kota Probolinggo, Mufi Imron Rosyadi dalam sambutan pembukaan  kegiatan ini menyampaikan bahwa “Madrasah di Kota Probolinggo yang berdampingan dengan sekolah umum,  saat ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Dinas Pendidikan kota, hal ini dikarenakan madrasah telah menunjukkan prestasi diberbagai kompetisi atau olimpiade, baik lokal maupun nasional, sehingga kepercayaan masyarakatpun berbalik pilihan untuk memilih madrasah”.

Yang kedua Mufi Imron Rosyadi berharap mimpinya menjadi kenyataan, yaitu bisa mewujudkan Madrasah di Kota Probolinggo, menjadi seperti MAN Insan Cendekia yang hampir seluruh lulusannya dapat masuk keperguruan negeri yang ternama, untuk itu lanjut Mufi Imron Rosyadi “saya mohon kepada Direktur KSKK bisa meloloskan pembangunan asrama  di MAN 1 Kota Probolinggo yang akan menjadi prasarana sebagai fasilitas pendukung untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Sedangkan H. A. Umar, yang sebelum memberikan pembinanan, berkesempatan berkeliling di area MAN 1 Kota Probolinggo, untuk melihat keberadaan fisik bangunan, ketersediaan lahan  serta sarana prasarana yang lain, dalam pembinaannya langsung menyampaikan bahwa “Permohan sarana akan saya penuhi, dengan catatan nantinya untuk pengembangan tahfidz  dan mampu menjadikan kwalitas pendidikan madrasah semakin baik”.

Lebih lanjut H. A. Umar, menyampaikan kepada para guru untuk mampu meresapi hymne dan mars madrasah dari setiap kalimatnya, yang berisikan martabat mulya, hymne dan mars  yang dilauching pada tahun 2012 ini diciptakan oleh Ikin Sodiqin seorang guru PAI di MI Tanjungsari Tasikmalaya, mampu menggetarkan hati semagat juang untuk kemajuan madrasah, mengingat sejak jaman kemerdekaan madrasah hanya boleh berdiri akan tetapi tidak boleh besar dan berkembang, baru mulai zaman reformasi (pemerintahan Gus Dur) pondok pesantren dimana madrasah hidup mulai diperhatikan, dan pada tahun 2014 di even olimpiade madrasah banyak meraih penghargaan.

Selanjutnya Direktur KSKK Kemenag RI ini mewacanakan  “untuk pendirian madrasah saya moratorim, untuk pengembangan kwalitas yang ada, untuk tetap menjaga minat masyarakat pada madrasah luar bia sa, tahun2021 saya berharap madrasah menjadi rujukan  sekolah se Indonesia dan sekolah-sekolah Islam di Asia, salah satu kuncinya adalah mesapi syair mars madrasah, sebab apabila syair tersebut  tidah masuk dalam perasaan berarti buntu, selanjutnya gunakan rumus; Input bagus ditambah proses bagus maka akan menghasilkan keluaran bagus, Madrasah  kalu mendapatkan  siswa dari gunung/daerah terpencil jangan mengeluh, sebab landasan kita ikhlas dengan menggunakan rumus ; Input boleh anak gunung/terpencil ditambah dengan proses luar biasa maka hasil keluaran akan luar biasa”.

Terakhir Ungkap H. A. Umar “berusahalah untu menjadi guru yang hebat dengan semangat hebat,  Jadilah guru yang baik atau tidak sama sekali,  guru yang baik, memiliki ketekunan, sabar, kreatif dan beretika (orang yang terpilih jadi guru), jangan jadi guru yang muallim, berusahalah menjadi guru mujahid bahkan  guru mujadib atau guru yang terpilih, ingatlah bahwa  empati akan menghasilkan simpati”. (Rief)

Editor : hans/isn/mn



Editor : probolinggokota

Berita Terkait

Bimtek Penyusunan LAKIP Kantor Kemenag Kota Probolinggo Tahun Anggaran 2017

Selasa, 14 November 2017, 11:07

Kota Probolinggo (Sekjen), -Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan  Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP),  Senin (13/11) yang bertempat Aula MIS Nur Aziz. Kegia...

Kepala Kankemenag Kota Probolinggo Sampaikan 4 Pilar Perkawinan Dalam Binwin Catin

Kamis, 09 November 2017, 14:37

Kota Probolinggo (Bimais) - Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimais) Kantor Kemenag Kota Probolinggo, Rabu (8/11) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Pekawinan (binwin) bagi Calon Pengantin (catin) A...

Kepala Kankemenag Kota Probolinggo Buka Rangkaian Lomba Dalam Rangka HAB Kemenag ke 72

Senin, 06 November 2017, 15:03

Kota Probolinggo (Inmas) - Dalam rangka menyemarakkan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia ke 72 tahun 2018, keluarga besar Kemenag Kota Probolinggo menggelar beberapa event yan...

MAN I Kota Proboolinggo Tuan Rumah SIAP – BK pada MTs dan MA se-Wilker Malang

Jum'at, 27 Oktober 2017, 10:39

Kota Probolinggo (MAN 1) - Dalam mengembangkan kompetensi guru madrasah khususnya guru Bimbingan Konseling (BK)  se-Wilker Malang, Kamis, (26/10) dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Aplikas...