Tari Sufi MAN Takeran Ikuti Festival Tari Nasional di ISI Solo Takeran, Magetan 30 April 2017.



Tari Sufi MAN Takeran  Ikuti Festival Tari Nasional di ISI Solo  Takeran, Magetan 30 April 2017.

Kab. Magetan (MAN Takeran) - Dalam rangka memperingati Hari Tari sedunia,  ISI (Institut Seni Indonesia) Surakarta mengadakan festival Tari yang bertemakan "24 Jam menari Merayakan Migrasi Tubuh" . Hadir dalam acara tersebut sejumlah 195 Kontingen dari berbagai Propinsi di Indonesia yang jumlah keseluruhan penari sekitar 3500 dari berbagai macam tari etnik yang ada di Nusantara.

Tari Sufi MAN Takeran, selain sebagai Ekstra Kurikuler Madrasah berada dibawah naungan dan asuhan Rumah Cinta Kyai Amin Budi Harjono, Semarang.  Kali ini mendapatkan kehormatan untuk tampil dalam festival Tari tersebut. Sepuluh penari sufi PA dan PI MAN Takeran yang sudah biasa tampil di berbagai acara ambil bagian dalam festival ini bersama para pencari Sufi lain dari berbagai macam daerah. Kesepuluh penari MAN yang dikirim tersebut adalah : 1. Dosa Febri Antuka, 2. Siti Zumaroh, 3. Richi M.Lintang SA. 4. Siti Rahmawati,  5.Devi Roviatus Solihah 6. Siti Fatimah,  7. Ika Puspitasari 8. Wahyu Indah Cahyani,  9. Shofiyatul Mahmudah 10. Tyas Dwi Rahmawati.

Sehubungan dengan jadwal yang super padat, dimana setiap Kontingen sudah dijadwalkan waktu perform, Tari Sufi MAN Takeran mendapatkan jatah tampil pukul 02.45 Minggu dinihari. Tampil berbeda kali ini, jika biasanya tari Sufi diiringi oleh alunan Shalawat Banjari, kali ini mereka menari dengan iringin musik etnik dan sempat  memukau penonton serta mengundang detak kagum siapapun yang hadir.

Setelah tampil sekitar 45 menit, menjelang subuh para penari bersiap siap untuk melaksanakan shalat subuh di Masjid Kalimasada di lingkungan kampus ISI tersebut. Kemudian selepas subuh ketua Panitia, M. Sanjaya mengucapkan terimakasih atas kesediaan Kontingen MAN Takeran yang telah ambil bagian penting dalam acara festival ini.  Beliau mengucapkan " Sudah tiga tahun kami ingin mengundang para penari Sufi Nusantara, dan baru kali ini bisa terwujud. Untuk itu mohon kiranya dalam acara Closing Ceremony yang akan digelar tepat pukul 06.00 WIB nanti Tari Sufi meramaikan acara penutupan., tambahnya kemudian.

Pukul 05.40 menit semua penari telah siap di panggung terbuka depan kampus untuk persiapan upacara penutupan, dan saat jam menunjukkan pukul 05.59.WIB. Maka dihitunglah waktu mundur hingga saat pukul 06.00 WIB tepat, alunan lagu Kun Anta mengantarkan dan mengiringi para penari untuk melakukan aksinya. Filosofi Menggapai Cinta Ilaihi dengan Tari membuat seluruh penari begitu takzim dalam meliukkan tubuh mereka menuju cinta ilaihi yang sejati. (Azzams)

Editor : hans/isn/mn