Jumat, 21 April 2017, 15:32

MAN Kembangsawit Peringati Hari Kartini

Kab. Madiun (MAN Kembangsawit) - Jumat (21/4), MAN Kembangsawit peringatai Hari Kartini. Ratusan siswa menyemarakan Hari Kartini diawali dengan istighosah di masjid An Nuur MAN Kembangsawit. Seusai istighosah, acara dilanjut dengan apel pagi. Kali ini petugas apel adalah siswi-siswi MAN Kembangsawit dan Lailatul Mahfudoh sebagai pembina apel.

Lailatul berpesan para perempuan dapat mengerti dan meneruskan perjuangan Kartini.

Kita sebagai perempuan, harus tahu amanat-amanat yang disampaikan oleh Kartini sehingga kita, para perempuan dapat mengerti dan meneruskan perjuangannya dalam berbagai bidang kehidupan. Karena perempuan adalah tolok ukur sebuah bangsa. Kalau akhlak perempuan itu baik maka baik pula bangsanya, pesan Lailaul.

Setelah iu, kegiatan dilanjut dengan lomba-lombanya, yaitu lomba memasak untuk siswa laki-laki, Miss Mankesa, rinjeng cerdas, dan membuat slogan. Lomba rinjeng cerdas bertempat di lapangan barat. Para peserta harus menggunakan tapih dan menggendong rinjeng menggunakan jarik. Peserta juga harus menjawab pertanyaan yang telah dicari dan menjawab secepatnya.

Lomba berikutnya adalah Miss Mankesa. Para siswi diharuskan berdandan sendiri tanpa bantuan orang lain. Bila sudah selesai peserta diarahkan menuju panggung untuk menyampaikan orasinya tentang persamaan gender dan pelestarian lingkungan juga menampilkan bakat yang dimilikinya. Lomba memasak tak kalah seru dengan lomba-lomba yang lain, karena para peserta yang semuanya adalah laki-laki dituntut untuk memasak nasi goreng. Meskipun sedikit kesulitan, para peserta tetap berusaha untuk memasak sebaik mungkin. Sedang lomba membuat slogan yang bertemakan lingkungan diadakan di lorong kelas. Peserta terdiri dari dua orang harus membuat slogan dengan tampilan yang cantik dan menarik.

Berbagai kegiatan tersebut bertujuan untuk memeriahkan hari kartini sekaligus mengingat bagaimna perjuangan Kartini dahulu. Sebagai pelajar diharapkan dapat membuat Kartini bangga pernah berjuang untuk kaumnya. Sehingga para pemuda tidak menyia-nyiakan perjuangannya. (anisa/avnan/jss/mks)

Editor : hans/isn/mn

Berita Lainnya
Selasa, 25 April 2017, 09:18

MTsN Caruban Peringati Hari Kartini

Jumat, 21 April 2017, 14:30

Kemenag Kabupaten Madiun Adakan Penyusunan Rencana Program Anggaran 2018

Kamis, 13 April 2017, 13:57

Plt. Kepala Buka KSM Tingkat Madrasah Tsanawiyah Se-Kabupaten Madiun  

Rabu, 12 April 2017, 13:00

Seksi Pais Adakan Pembinaan Kerohanian Islam Bagi Pengurus OSIS SMU Dan SMK Se-Kabupaten Madiun

Selasa, 11 April 2017, 15:12

Pengiriman Bantuan Bencana Ponorogo