Kamis, 20 April 2017, 10:40

Kanwil Kemenag Jawa Timur Monitoring UAMBN dan USBN di MTsN Krian

Kab. Sidoarjo (MTsN Krian) - Pekan UAMBN dan USBN hari terakhir ( 20/4) di MTsN Krian berjalan lancar. Seperti tiga hari sebelumnya ujian di mulai pada pukul 08.00, namun suasana ramai telah bisa dirasakan di MTsN Krian pada jam 06.30 karena siswa-siswi kelas IX MTsN Krian datang ke madrasah tetap seperti hari biasa. Mereka memulai aktivitas pagi dengan membaca Al-Quran dan shalat dhuha.

Seperti yang telah terjadwal secara nasional, UAMBN dan USBN dimulai pada hari Senin (17/4) dan berakhir hari ini. Sebanyak 293 siswa MTsN Krian tercatat sebagai peserta UAMBN dan USBN. Mereka terbagi menjadi 15 ruang, adapun mata pelajaran pada UAMBN adalah Al-Quran Hadist, Aqidah Akhlak, Fiqih, SKI, dan Bahasa Arab, sedang untuk USBN ada dua mata pelajaran yakni PPKn dan IPS. Pada ujian kali ini peserta ujian mengerjakan soal secara manual, belum menggunakan komputer atau laptop.

Pada pelaksanaan hari kedua UAMBN (18/4), MTsN Krian mendapatkan kunjungan monitoring dari Kanwil Kemenag Jawa Timur yang diwakili oleh Anum Hendro Pramono dan dari kantor Kemenag Sidoarjo yang diwakili oleh Nasrudin. Pada kesempatan itu tim Az-Zahra sempat mewanwancarai tim dari Kanwil Kemenag tersebut. Kepada kami mereka mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan agenda rutin Kanwil Kemenag Jawa Timur. Pada setiap event seperti UAMBN dan USBN seperti ini Kanwil Kemenag Jawa Timur menerjunkan anggota dari staf badan kepegawaian Pendma untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan UAMBN ke semua kabupaten kota di seluruh jawa timur.

Secara keseluruhan pelaksanaan UAMBN dan UASBN di MTsN Krian berjalan lancar dan tertib baik pelaksanaannya dan administrasinya. Sedang secara keseluruhan pelaksanaan UAMBN di Jawa Timur ini akan diketahui pada hari kamis setelah ada pelaporan dari tim yang diterjunkan oleh Kanwil Kemenag, setelah UAMBN usai. Pada kesempatan itu Anung juga menjelaskan bahwa akan ada analisis laporan dari anggota tim yang diterjunkan dan akan ada astatistik dari instrument monev. Jika ada kekurangan yang berkaitan dengan jalannya UAMBN dan USBN, maka dari tim Kurikulum yang akan menindaklanjuti kekurangan tersebut.

Selain itu dari pelaporan tersebut juga akan dijadikan pemetaan UAMBN di madrasah-madrasah di Jawa Timur dan juga dikondisikan supaya nilai UAMBN secepatnya sampai di Kanwil Kemenag sehingga tim bekerja lebih fokus.

Sementara itu Nasrudin, kepala bidang Pendma kantor Kemenag Sidoarjo mengatakan telah menyiapkan dari awal mulai dari sosialisasi, koordinasi sampai dengan persiapan koordinator sub rayon adalah salah satu bagian dari persiapan UAMBN agar berjalan dengan lancar. Dari laporan yang diberikan oleh kepala madrasah dan koordinator lapangan UAMBN dan USBN di wilayah Sidoarjo berjalan dengan lancar dan tertib. (AZR)

Editor : hans/isn/mn

Berita Lainnya
Selasa, 25 April 2017, 09:31

Pengukuhan Panitia, Proktor, Teknisi dan Pengawas UNBK

Selasa, 25 April 2017, 07:59

Pengurus DWP MTsN 4 Sidoarjo Ikuti Sosialisasi dan Simulasi Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK)

Selasa, 25 April 2017, 07:56

Meriahkan Hari Kartini, Kaum Adam MAN Sidoarjo Ikut Lomba Masak

Jumat, 21 April 2017, 14:33

Haru Birunya Suasana Penutupan Belajar Tanpa Batas di Kampoeng Sinaoe

Jumat, 21 April 2017, 13:37

Kebaya dan Upacara Hiasi Peringatan Hari Kartini di MTsN Krian