Ulurkan Bantuan Siswa-Siswi MAN Takeran Terjun Langsung Ke Lokasi Bencana Longsor Di Desa Banaran Kec. Pulung Ponorogo



Ulurkan Bantuan Siswa-Siswi MAN Takeran Terjun Langsung Ke Lokasi Bencana Longsor Di Desa Banaran Kec. Pulung Ponorogo

Kab. Magetan (MAN Takeran) – Sabtu (08/04) Seminggu setelah Majelis Muraqabah MAN Takeran Magetan berbagi kepada sesama di masyarakat sekitar Madrasah, begitu pemberitaan terjadinya longsor di Banaran Pulung Ponorogo terus santer di media massa karena banyaknya korban hilang yang belum diketemukan, maka Ketua IWP (OSIS)  PSM MAN Takeran Magetan mengumpulkan segenap pengurus untuk menggulirkan program insidental berupa MAN Takeran -Berbagi.

M. Sujud Mizanul Qadri selaku pembina IWP merespons positif terhadap kegiatan spontan ini dengan langsung memberikan arahan seperlunya untuk teknis pengumpulan dana dan bahan yang dibutuhkan oleh para korban. Menurut keterangannya bahwa bantuan yang berupa bahan makanan sudah banyak di lokasi, mereka sangat membutuhkan penerangan seperti lilin, senter, juga bahan pakaian yang telah hilang dari mereka saat longsor menerjang.

Kamis setelah dhuhur ketua IWP memanggil semua ketua kelas dan memberi informasi tentang program tersebut.  Kepada seluruh warga Madrasah yang ingin berbagi kepada saudara saudara korban longsor Pulung Ponorogo bisa menyalurkan lewat IWP.  Bantuan bisa berupa apapun : pakaian, uang, selimut dan kebutuhan lainnya yang dapat meringankan beban mereka yang terkena dampak bencana secara langsung.

Ju'mat, (7/4) ,selepas shalat dhuha beberapa pengurus IWP berkeliling ke tiap kelas dengan kardus bertuliskan MAN Takeran Peduli,  dan siswa-siswipun berebut mendekati kotak kardus dengan semangat memberikan sebagian uang saku yang mereka bawa. Beberapa pengurus yang lain stand by di depan ruang pengurus menerima sumbangan yang berupa barang barang.

Hasil dari program Peduli kepada sesama ini, terkumpul sejumlah uang dan 20 kardus barang berupa pakaian, selimut, dan lain lain yang akan disalurkan secara langsung  kepada para korban.

Sabtu (8/4) pukul 07.30 WIB, sepuluh siswa siswi perwakilan dari pengurus IWP dan Majelis Muraqabah menuju lokasi bencana dengan didampingi oleh Ust. Lukman Muhammadi, selaku Pembina MM, dan bapak Edy Siswoyo.  Tak ketinggalan dalam hal ini KTU MAN Takeran  Soleh Amaluddin ikut serta turun dan terjun langsung menuju lokasi bencana.  Beliau dengan semangat ingin melihat langsung kondisi para korban.

Dua mobil Phanter White metalic yang membawa rombongan MAN Takeran sampai di lokasi pukul 09.00 tepatnya di Posko Evakuasi bencana, dan disambut hangat oleh petugas di Posko. Tak lama setelah memperkenalkan diri dan memberitahukan maksud tujuan kedatangan kami, akhirnya kami diantar menemui para korban dan memberikan kepada mereka apa yang sejak kemarin telah kami siapkan.

Ketua IWP memimpin langsung proses penyerahan bantuan. Raut muka sedih yang berubah menjadi seulas senyum karena mereka merasa dipedulikan,  meski apa yang kami berikan tidak seberapa dan tidak dapat menggantikan apa yang telah hilang daripara korban. Tapi setidaknya sedikit dapat meringankan beban.  

Alhamdulillah,  "Acara hari ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, Ucap Ketua IWP Bachtiar, Senang rasanya kami dapat berbagi kepada sesama hari ini" tambahnya kemudian.

Tidak kali ini saja, siswa siswi MAN Takeran merespons dengan cepat terhadap penderitaan sesama, Sudah berulangkali dilakukan seperti pada Bencana - bencana nasional yang terjadi sebelumnya. Kegiatan sosial seperti Ini perlu terus dikembangkan agar para siswa-siswi selalu memiliki empati dan kepedulian terhadap penderitaan yang dialami oleh sesama.  Apa yang dilakukan pengurus IWP kali ini adalah salah satu hasil nyata dari pendidikan karakter yang selama ini ditanamkan pihak Madrasah. (Azzams)

Editor : hans/isn/mn