Senin, 20 Maret 2017, 14:45

Rayakan Wohd, PDGI Madiun Adakan Gerakan Sikat Gigi Bersama Ribuan Siswa MIN Demangan

Kota Madiun ( MIN Demangan) Senin (20/3) hari bersejarah, hari peduli kesehatan dan tepat menjadi moment special sebagai Peringatan World Oral Health Day (WOHD) Siswa siswi MIN Demangan yang tidak sedikit berjumlah 1475 tampak sekali kehangatan, keceriaan dan antusias menyambut datangnya hari Senin (20/03). Serangkaian kegiatan telah di lakukan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Madiun sejak hari Jumat (17/03) yang melakukan penyuluhan merawat gigi. Kali ini MIN Demangan Kota Madiun kedatangan lagi Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Madiun sebanyak 92 Dokter untuk menggelar kegiatan Peringatan World Oral Health Day (WOHD) Tahun 2017. Sebanyak 92 Dokter merupakan Persatuan Dokter Gigi Se-karesidenan Madiun meliputi Madiun, Magetan dan Ngawi.

Tema dari Peringatan World Oral Health Day (WOHD) Tahun 2017 adalah Live Health Smart With Healthy Mouth. Kegiatan dibagi menjadi dua yaitu kegiatan dikelas (indoor) dan kegiatan di halaman (outdoor). Serangkaian kegiatan dilaksanakan diantaranya Edukasi kesehatan Gigi dan Mulut pada siswa, sikat gigi bersama siswa, penyuluhan kepada siswa tentang pembiasaan cuci tangan sikat gigi pagi dan malam hari, serta pelaksanaan program menyikat gigi 21 hari pagi dan malam dengan melakukan pra dan post status kesehatan gigi dan mulut siswa oleh dokter gigi disekolah. Kegiatan di mulai dengan penyuluhan di kelas-kelas dan dilanjutkan di halaman lapangan kampus 1 Jl. Sitinggil Kota Madiun. Nampak kompak 70 doker gigi dengan kostum putih-putih. Ada serangkaian kegiatan dilapangan dimulai dengan pembukaan dilanjutkan menyanyikan lagu menggosok gigi secara serentak, setelah itu pengucapan janji siswa terkait pembiasaan menggosok gigi, dilanjutkan adanya demo menggunakan peraga organ gigi oleh doker gigi.

Setelah dilakukan demo menggosok gigi yang baik dan benar, terdengar sirine dan pelepasan balon yang bertuliskan "WHOD 2017 program 21 hari sikat gigi pagi dan malam PDGI cabang Madiun" sebagai tanda di mulainya menggosok gigi serentak oleh semua siswa. Kegiatan sikat gigi serentak ini sekaligus pembagian peralatan menyikat gigi secara gratis. Kegiatan menggosok gigi pun selesai dan kegiatanpun ditutup.

Acara tidak selesai begitu saja karena setelah ini akan berlangsung proses monitoring kesehatan gigi dan mulut murid selama 21 hari. "Kami mau ada hasil, jadi akan ada kontroling selama 21 hari. Prosesnya itu kami bagikan kartu kontrol ke masing-masing murid dan akan diperiksa oleh guru-gurunya setiap hari," ucap Dr. Farid Amirudin yang merupakan Ketua PDGI Cabang Madiun.

Guru MIN Demangan memberikan respon positif terhadap kegiatan seperti ini. "Kegiatan ini sangat bermanfat untuk menambah pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut. Secara tidak langsung kegiatan ini sebagai langkah preventif terhadap anak-anak agar kesehatan gigi dan mulut selalu terjaga. Diharapkan dengan adanya acara seperti ini anak-anak menjadi lebih rajin merawat gigi dengan menggosok gigi secara teratur 2x sehari pagi dan malam hari". Ucap Ibu Hana Nur Rohmah, S.Pd selaku sekbid UKS MIN Demangan Kota Madiun.

Semoga peringatan seperti ini bukan seremonial belaka tetapi benar-benar memberikan pembiasaan positif bagi siswa dan meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya merawat dan menyikat gigi dengan baik dan teratur.(EMA)

Editor : hans/isn/mn

Berita Lainnya
Selasa, 25 April 2017, 14:38

MAN 2 Kota Madiun Peringati Hari Bumi

Selasa, 25 April 2017, 14:26

MIN 1 Kota Madiun Ikuti Malku-Mlaku Sarungan Dalam Harlah NU ke 94 PCNU Kota Madiun

Selasa, 25 April 2017, 13:48

Rohis MAN 2 Kota Madiun Adakan Seminar “Cinta Hijrah atau Hijrah (karena) Cinta”

Jumat, 21 April 2017, 13:35

Penyuluhan Bahaya Rokok Elektrik di MAN 2 Kota Madiun

Jumat, 21 April 2017, 12:53

Nuansa Budaya Daerah dalam Peringatan Hari Kartini di Matsanewa