Kamis, 3 Mei 2012 –
BEDAH KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KAB. BOJONEGORO

Bojonegoro, Jatim (Mapenda). Dalam rangka untuk mempertajam pemahaman dan kompetensi Pengawas PAI dalam mendampingi Madrasah dalam penyusunan Kurikulum sesuai dengan panduan BSNP dengan mengintegrasikan Pendidikan Karakter, maka Kantor Kementerian Agama Kab. Bojonegoro menyelenggarakan Bedah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari dan bertempat di Aula Kankemanag Kab. Bojonegoro ini diikuti oleh 73 peserta yang terdiri dari unsur Pengawas PAI dan Waka Kurikulum baik dari MIN, MTsN dan MAN yang terdapat di lingkungan Kankemanag Kab. Bojonegoro, sedangkan sebagai fasilitator dalam kegiatan tersebut adalah Widya Iswara dari Balai Diklat Keagamaan Surabaya

Kepala Seksi Mapenda Kankemenag Kab. Bojonegoro (Yasmani, M.Pd.I) selaku penasehat dalam kegiatan tersebut menegaskan bahwa Bedah Kurikulum ini dimaksudkan untuk mendalami substansi kurikulum yang sesuai dengan panduan BNSP, sehingga persepsi dari guru, kepala madrasah, dan pengawas PAI akan sejalan.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kankemenag Kab. Bojonegoro (Drs. H. Abd. Wahib, M.Pd.I) saat membuka kegiatan tersebut, bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di satuan pendidikan di harapkan mampu membawa perubahan yang lebih signifikan dalam pembelajaran. Perubahan yang diperlukan tidak mengubah kurikulum yang berlaku, tetapi menghendaki adanya sikap dan ketrampilan baru bagi para guru, kepala madrasah dan pengawas PAI. Sikap dan ketrampilan baru itu merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk mengimplementasikan pendidikan karakter dalam mencapai keberhasilan. Perubahan sikap dan penguasaan ketrampilan yang dipersyaratkan tersebut hanya dapat dikembangkan melalui kegiatan yang terfokus, berkelanjutan dan sistematis. (EY)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.073388 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 2408396
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.