Selasa, 24 April 2012, 14:07 – Menag - Wamenag, STAIN
UJI KOMPETENSI GURU

Kota Malang Jatim (MAN 3)

MAN 3 Malang mengadakan uji Kompetensi guru, kegiatan yang bertujuan mengetahui kompetensi sebenarnya dari guru MAN 3 Malang itu dilakukan pada Sabtu (21/4) di Aula PSBB.

Dalam sambutannya, Drs Ahmad Hidayatullah M.Pd mengatakan jika tes ini bukan untuk melakukan penilaian berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 5 Menteri tentang pendistribusian guru. “Saya disini bukan sebagai malaikat yang bertindak mengadili guru dengan mengadakan tes. Namun tes ini untuk memetakan guru-guru di MAN 3. Kelak, jika ada pelatihan atau hal apapun yang diperlukan oleh Guru, maka akan dengan cepat dapat diketahui berdasarkan pemetaan itu tadi” jelas Kepala MAN 3 Malang yang baru saja memimpin kurang lebih satu bulan itu.

Sehingga, para guru MAN 3 tidak perlu khawatir dengan SKB itu, sebab dengan sistem fullday serta adanya Ma’had, maka Insyaallah 30 jam yang disyaratkan oleh Kementerian bakal terpenuhi.

Dalam tes yang digelar pada pukul 10.00 itu, setiap guru mata pelajaran dipisahkan satu sama lain. Sebab, dalam tes itu juga ada materi pelajaran yang diampunya. Misalnya Fisika diatur berderet dengan matematika ataupun bahasa Inggris. Sebelum mengisi, para peserta tes dipandu untuk mengisi LJK, terutama kode mata pelajaran. Sebab itu sangat penting untuk menilai, jika salah kode mata pelajaran maka tentu isi jawaban akan berbeda dengan kuncinya.

Dari soal-soal yang disediakan, kebanyakan berupa pengayaan. “Untuk komputer, banyak soal yang berupa aplikasi misalnya cara menginstall, trial and error, hingga pembenahan jika terjadi kode error di komputer. Tentu ini akan sulit bagi guru komputer yang text book atau tidak pernah praktek aplikasi secara langsung” Kata Drs Djoko Setiono, salah satu guru komputer di MAN 3 Malang ketika ditanya tentang soal dari uji Kompetensi itu.

Semoga hasil tes itu segera diketahui dan segera didapatkan maping dari guru di MAN 3 Malang. Untuk pegawai, MAN 3 Malang juga akan melakukan uji kompetensi pada tanggal 27 April mendatang. (Abi/M3M)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.198224 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 2702960
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.