Kamis, 24 Oktober 2013 –
Manasik haji MI se Kec.Sumbersuko Dgn memperebutkan piala kantor Kemenag KAB.Lumajang

Kab. Lumajang, Jatim (Humas). Sebagai upaya memperkenalkan rangakaian ibadah haji kepada siswa sejak usia dini. KKM Kec. Sumbersuko melaksanakan kegiatan manasih tingkat MI se Kec. Sumbersuko. Pelaksanaan pembukaan manasih haji bertempat dihalaman masjid jami’ ar raudhoh labruk kidul pada tgl 17/10 2013 pukul 07.00 wib sedangkan untuk pelaksanaannya di lapangan labruk kidul Kec. Sumbersuko. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di Kec. Sumbersuko yang diikuti sebanyak 700 peserta yang terdiri dari :  guru MI 125, siswa siswi se Kec. Sumbersuko dari klas 4-6 sebanyak 636 , guru IGRA 35 Orang . Acara ini jug dihadiri oleh Kepala Kemenag, Kasi pendma, camat, UPT, Danramil, Kapolse, Pokjawas, PPAI, IGRA.

 

Seperti apa yang telah dikatakan oleh ketua panitia (M.Ali Ridwan dalam laporannya bahwa tujuan kegiatan manasih haji ini adalah : 1) meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah swt, 2) meninkatkan ukhwah islamiya antar madrah, 3) melatih kesabaran dan keikhlasan, 4) mengimplementasikan materi pembelajaran tentang haji dan umroh, 5) melatih serta merasakan bagaimana melaksanakan haji dan umroh, 6) agar siswa dan siswi srta para guru lebih termotivasi untuk melaksanakan salah satu rukun islam yaitu melaksanakan ibadah haji. Acara ini dgan niatan yg menggelora dengan semangat melaksanakan ibadah haji melalui haji tamattu’.

 

Sambutan Kepala Kantor Kemenag Lumajang (Nurmaluddin, SE,MPd.I) dalam membuka acara ini diawali dengan yel-yel : I love madrasah, Jaya madrasah kemudian beliau menerangkan tentang rukun, wajib dan sunah haji dengan melalui sebuah lagu. Menurutnya  manasih itu merupakan persiapan kita untuk menunaikan ibadah haji, beliau beharap untuk kegiatan manasih haji untuk tahun depan ditambah penyembelian hewan qurban, selanjutnya beliau membuka acara dengan bacaan al-fatekhah dilanjutkan dengan pelepasan balon kemudian melepas pemberangkatan rombongan 1 menuju ketempat pelaksanan pelatihan manasih haji di lapangan Sumbersuko. Acara dilanjutkan dengan praktek ibadah haji dengan lomba/penilaian , dewan juri pada pnilaian kegiatan ini adalah Drs. H. Wahib, dan Dra. Hj. Nur Habibah. M. Ag. Sebagai pemenang dalam penilaian peserta yang terbaik dalam praktek manasih haji adalah : Juara 1 nomor peserta 07 dari MI Nurul Islam Labruk Kidul dengan nilai 506, juara 2 nomor peerta 01 dari MI NurulIslam mojosari dengan nilai 498, juara 3 nomor peserta 04 dari MI Fathur Rohman Sumbrsuko dengan nilai 492, alhamdulillah kegiatan mansih haji MI se Kec. Sumbersuko berjalan dengan tertib dan lancar(azizah)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.212520 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 2418925
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.