Kamis, 4 Juli 2013 –
Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Tahun 2013

Kanwil Jatim, 04/07 (Humas). Program Beasiswa Santri Berprestasi atau yang lebih dikenal dengan nama PBSB merupakan salah satu program dari kementerian agama yang mempunyai tujuan menjaring santri-santri berprestasi lulusan pondok pesantren yang ingin meneruskan ke perguruan tinggi. Acara yang diadakan tiap tahunnya ini telah menjaring santri-santri berprestasi yang kesemuanya itu telah diterima di Perguruan Tinggi ternama se-Indonesia dan Pelaksanaan PBSB ini telah dilaksanakan sebanyak sembilan kali pada tahun 2013 ini.

Tahun 2013 ini pelaksanaan program PBSB di Jawa Timur terpusat di Asrama Haji Sukolilo Surabaya yang diikuti sebanyak 793 santri dari berbagai pondok pesantren di Jawa Timur. Acara yang dimulai pukul 07.00 WIB tersebut dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jatim Drs. H. Sudjak,M.Ag, dan bertempat di Hall Mina.

Dalam sambutannya selaku wakil dari ketua panitia Drs. Sholeh Az mengatakan bahwa penerimaan PBSB tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena pada tahun ini hanya diikuti oleh enam perguruan tinngi yang bekerjasama oleh Kementerian Agama, antara lain : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, IAIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IAIN Walisongo Semarang, UIN Sunan Gunung Jati Bandung dan yang terakhir UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kemudian Drs. Sudjak berpesan mengatakan bahwa pada tahun ini kuota nasional Program PBSB ini mengalami penurunan, jika pada tahun 2012 jumlah kuota nasional sebanyak 400 dan untuk tahun 2013 menurun menjadi 200. Untuk pendaftarnya sendiri, Jawa Timur sebanyak 793 orang dari jumlah keseluruhan 2061 pendaftar. Ini dikarenakan Jawa Timur itu sendiri mempunyai jumlah pondok pesantren yang terbanyak di Indonesia secara otomatis untuk kuota pendaftarnya sendiri lebih banyak dari daerah lain di seluruh Indonesia. Kemudian beliau juga menekankan bahwa PBSB ini tidak ada istilah “TITIPAN”, semua berdasarkan hasil ujian/seleksi bila nilainya bagus dan memenuhi persyaratan sesuai dengan perguruan tinggi yang dituju maka dia itulah yang berhak mendapatkan PBSB ini. Ujarnya. Untuk itu diharapkan kepada seluruh peserta yang hadir agar memaksimalkan kesempatan ini dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, pesannya..(man)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.010877 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 2031318
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.