Senin, 10 Juni 2013, 12:05 –
PENINGKATAN KAPASITAS GURU LAMONGAN DALAM PEMANFAATAN TIK

Lamongan Jatim (Humas)— Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi atau lebih dikenal TIK, tentunya dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran sekaligus sumber belajar dalam upaya peningkatan kualitas proses belajar mengajar. Selain itu peran penting integrasi TIK dalam proses pembelajaran adalah untuk membangun keterampilan masyarakat di era kini.

Keterampilan yang mestinya dikuasai bagi seorang pendidik, menurut Abdurrozak, Kepala MTsN Lamongan, antara lain ; keterampilan melek TIK dan media, keterampilan berpikir kritis, keterampilan memecahkan masalah, keterampilan berkomunikasi efektif dan keterampilan bekerjasama secara kolaboratif. “Untuk itu diperlukan suatu gerakan budaya pemanfaatan dan pendayagunaan TIK untuk pendidikan,” katanya, saat membuka acara TOT, dihadiri 94 orang admin madrasah dan guru MTs se-KKM MTsN Lamongan di Aula MTsN setempat, Kamis (6/6).

Dijelaskannya, pelaksanaan kegiatan ini, memiliki tujuan untuk menyiapkan master trainer dan meningkatkan kemampuan peserta dalam mendayagunakan, mengembangkan, memanfaatkan TIK dengan baik, khususnya memanfaatkan rumah belajar dan aplikasi sistem manajemen pembelajaran sehingga lembaga pendidikan dan pendidik dapat meningkatkan administrasi serta efektifitas pembelajaran yang profesional sebagai seorang pendidik.

Diharapkan dari kegiatan Training Of Trainer ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas admin madrasah dan guru MTs. Se-KKM MTsN Lamongan dalam merancang dan mengembangkan bahan ajar dan media pembelajaran yang sesuai dan dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Selain itu juga berguna untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan efektifitas proses pembelajaran dan meningkatkan wawasan dan kesadaran terhadap pentingnya pemanfaatan dan pendayagunaan media pembelajaran berbasis TIK dalam proses pembelajaran.(Yit)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.010176 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 2701268
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.