Jumat, 2 Desember 2011 –
Senangnya Donor Darah Jamaah

Jombang. (1/12) MAN Kebonsari Mojoagung. “Setetes darah anda berarti bagi kami” Itulah slogan Palang Merah Indonesia(PMI).Pada hari Selasa,29 November 2011 telah diadakan donor darah jamaah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kebonsari Mojoagung di Murukan dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama.MAN Kebonsari termasuk lembaga dalam naungan Kemenag,telah menginstruksikan kepada guru dan siswa-siswinya un-tuk mendonorkan darahnya ke PMI Kab.Jombang, dengan datangnya petugas PMI ke sekolah.Kegiatan ini sebenarnya rutin dilaksanakan satu tahun sekali dan semua wargaMAN Kebonsari senang dengan adanya donor darah jamaah seperti ini.

Dimulai pukul 09.30 bertempat di Lab.IPA, petugas donor dan pendonor mempersiapkan diri. Ada tiga orang petugas donor.Dua orang melayani transfusi darah,sedangkan satu orang dari siswi SMKN I Jombang bertugas melayani konsumsi beserta administrasinya mulai dari: umur,berat badan,kondisi kesehatan,tidak sedang sakit atau minum obat.Setelah pemeriksaantersebut selesaibaru pendonor boleh diambil darahnya. Ada kejadian yang sangat lucu dari kegitan donor tesebut yaitu ada salah satu pegawai yang bernama Ifatul Umroh belum di donor dan belum diperiksa ternyata pingsan menurut pengakuan dia setelah siuman,takut melihat jarum,inginya muntah melihat darah dan perasaan gundah melihat aliran darah keluar dari tubuh.

Dari kegiatan donor tersebut ternyata dari siswa-siswi MAN Kebonsari yang paling banyak,bagaimana tidak semula Bunda Yayuk selaku koordinator panitia menyiapkan 15 bungkus nasi dan 15 bungkus susu habis.Ternyata kepedulian siswa sangat besar kepada sesama.Menurut pengakuan Uswatun Hasanah kelas X-4 senang dengan donor darah seperti ini karena selama ini dia tidak tahu apa golongan darahnya dengan di transfusi darah dia legah ternyata golongan darahnya O “Alhamdulillah” Katanya,dengan wajah berseri-seri dia langsung makan sebungkus nasi dan sebungkus susu di dalam ruangan tersebut sambil berbincang-bincang dengan Bu Ningsih selaku wali kelasnya.

Menurut pengakuan petugas donor, kali ini lebih banyak dari tahun sebelumnya yaitu 33 siswa yang donor dan 5 dari guru semuanya merasa senang dan begitu antusias pada kegiatan donor kali ini. Drs.H Suryanto, selaku kepala Madrasah merasa bangga dan memberikan reword kepada yang sudah donor meskipun beliau tidak donor namun beliau memantau dan mengamati kegiatan tersebut dari awal hingga akhir kegiatan dengan cara mengajak berbicara kepada setiap pendonor pada saat proses pengambilan darah. Dan tepat pukul 12.30 kegiatan tersebut telah selesai diadakan. (uzan)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.073971 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 2401827
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.