Kamis, 29 September 2011 –
EVALUASI DIRI MADRASAH SEBAGAI INSTROSPEKSI DALAM MENILAI MUTU PENYELENGGARA PENDIDIKAN

Kota Pasuruan, 29/9 (Mapenda) Di tiap Madrasah menjadi tanggung jawab kepala Madrasah dan dilakukan oleh Tim Pengembang Madrasah (TPM) yang terdiri dari Kepala Madrasah, guru, Komite Madrasah, orang tua peserta didik, dan pengawas. Proses EDM dapat mengikutsertakan tokoh masyarakat atau tokoh agama setempat. Pada hari ini kamis 29 September 2011 pembinaan EDM ini dilaksanakan Kankemenag Kota Pasuruan seksi Mapenda, sebagai pembina dalam acara ini adalah pengawas Pendidikan yang tergabung dalam Kelompok Kerja Pengawas (POKJAWAS) Kankemenag Kota Pasuruan, dalam hal ini sebagai pembina adalah H. M. Achyar, S.Ag, Moch. Dhofir, S.Ag M.Pd.I, Drs. Sulaiman Rusdianto dan Drs. H. Imam Hidayat.

Pembinaan EDM ini mendapat sambutan yang sangat hangat dari peserta yang berjumlah 76 terdiri dari Kepala Madrasah dan Waka Kurikulum MI, MTS dan MA baik negeri maupun swasta, karena dengan adanya EDM merupakan Introspeksi dalam menilai mutu penyelenggaraan pendidikan berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Dengan adanya pembinaan ini hasil EDM yang diperoleh Madrasah adalah : 1. Seberapa baik kinerja Madrasah? Dengan EDM akan diperoleh informasi mengenai pengelolaan Madrasah yang telah memenuhi SNP untuk digunakan sebagai dasar penyusunan RPS/RKM dan RAPBM/RKAM. 2. Bagaimana mengetahui kinerja Madrasah sesungguhnya? Dengan EDM akan diperoleh informasi tentang kinerja Madrasah yang sebenarnya dan informasi tersebut diverifikasi dengan bukti-bukti fisik yang sesuai. 3. Bagaimana memperbaiki kinerja Madrasah? Madrasah menggunakan informasi yang dikumpulkan dalam EDM untuk menetapkan apa yang menjadi prioritas bagi peningkatan Madrasah dan digunakan untuk mempersiapkan RPM/RKM dan RAPBM/RKAM. (zen)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.057627 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 2429532
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.