Selasa, 2 November 2010, 11:00 –
SEKJEN BUKA WORKSHOP MELALUI VIDEO CONFERENCE

Surabaya, 2/11 (Humas) Pinmas Kemenag Pusat mengadakan Workshop Pengembangan SDM Pengelola Jaringan dan Sistem Informasi Kemenag Pusat dan Daerah Tahun 2010 di Hotel Ibis Surabaya tanggal 2-4 November 2010, yang diikuti oleh 45 orang utusan dari Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim, Kalteng, Kalsel, Banten, Jabar, DKI Jakarta, Jateng, DI Yogyakarta, Jatim dan Bali. Peserta lainnya utusan Kemenag pusat, IAIN Sunan Ampel, Balai Diklat, MAN 1 Surabaya, dan MAN III Malang.

Yang sangat istimewa adalah acara pembukaannya yang menggunakan teknologi video conference, acara dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Bahrul Hayat, PhD dengan didampingi Kepala Pusat Informasi Keagamaan dan Kehumasan H. Masyhuri, AM dan pejabat eselon II dan eselon III di Lingkungan Kementerian Agama RI. Sedangkan di Hotel Ibis selain peserta dan panitia, juga ikut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Drs. H. Sutrisno, SE, M.Pd, MM didampingi Kepala Bidang Jaringan Dr. Ferimeldi beserta para Kepala Bidang dan Kasubbag di lingkungan Kanwil Kemenag Jatim.

Menurut H. A. Ghufron Kasubdit Manajemen Jaringan Pinmas Kemenag Pusat, ini adalah merupakan yang pertama kalinya pembukaan workshop dengan menggunakan teknologi video conference di lingkungan Kementerian, pria asal Minang tersebut berharap akan bisa dikembangkan pada kegiatan-kegiatan berikutnya. Untuk daerah, baru ada 3 Provinsi yang mempunyai fasilitas video conference yaitu Kemenag Prov. Sumbar, Kemenag Prov. Menado dan Kemenag Prov. Jatim.

Acara baru dimulai pada pukul 16.30 WIB (2/11), sebagai MC Rahmawaty, SE staf Hukmas & KUB Kanwil Kemenag Jatim, diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh H. Nasruddin (di Surabaya), kemudian sambutan panitia oleh Kepala Pusat Informasi Keagamaan dan Kehumasan H. Masyhuri, AM (di Jakarta), dan dilanjutkan sambutan selamat datang oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Drs. H. Sutrisno, SE, M.Pd, MM (di Surabaya) dan acara puncaknya adalah sambutan dan pembukaan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Bahrul Hayat, PhD (di Jakarta), terakhir ditutup doa oleh H. Nur Yasin Shirotol Mustaqim, MA staf Hukmas & KUB Kanwil Kemenag Jatim (di Surabaya).

Setelah itu, diadakan dialog interaktif, ada 3 orang yang berkesempatan berbicara langsung dengan Bapak Sekjen, pertama Kakanwil Kemenag Jatim Drs. H. Sutrisno, SE, M.Pd. MM, kedua Kepala Bidang Urais Kemenag Jatim Drs. H. Asyhuri, MM dan ketiga Riza Staf Umum Kankemenag Kota Batu.

Dalam kesempatan tersebut, Bahrul Hayat mengatakan, penguasaan teknologi komunikasi dan informasi yang dikenal ICT (information communication dan teknology) merupakan hal mutlak yang harus dilaksanakan oleh suatu instansi. “Dengan ICT kita dapat melakukan pengolahan dan pendistribusian informasi secara efektif dan efisien guna meningkatkan kinerja sistem (sistem performance) para pengelolanya.”

Menurut Bahrul, ICT mengubah cara berpikir manusia, baik terhadap cara berkomunikasi, cara belajar, cara bekerja, berbisnis, dan sebagainya. Pada era digital seperti saat ini, ICT banyak memberikan ruang yang cukup besar untuk mengorganisasikan segala kegiatan melalui cara baru, inovatif, instan, transparan, akurat dan tepat waktu. “Pada era digital ini tidak ada yang luput dari sentuhan aspek-aspek teknologi informasi dan komunikasi.”

Untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, papar Bahrul, maka aparatur pemerintah sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, dituntut untuk mampu meningkatkan profesionalisme dan kinerjanya. “Sasaran yang menjadi prioritas adalah optimalisasi pelayanan kepada masyarakat agar semakin efisien dan berkualitas, sehingga mampu memberikan citra yang positif terhadap kinerja Kementerian Agama,” ucapnya.

Bahrul mengatakan dalam upaya mewujudkan reformasi birokrasi, Kementerian Agama melakukan pembenahan diberbagai sektor sebagai syarat mutlak menuju terwujudnya sistem pemerintahan yang baik. Salah satu ciri good gobernance adalah transparansi, dimana seluruh proses pelayanan publik dapat diakses oleh semua pihak yang berkepentingan, termasuk masyarakat luas yang hak untuk mendapatkan informasinya dilindungi oleh UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mulai berlaku efektif per 1 Mei 2010. (shi)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.091059 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 2653585
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.