logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014. Segenap Pegawai dan Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Mengucapkan Selamat Datang Jamaah Haji ke Tanah Air, Semoga Menjadi Haji yang Mabrur

MTsN 1 Kota Malang Latih dan Ajak Siswa Berhaji Sejak Dini

Sabtu, 18 Agustus 2018, 11:58
Kegiatan manasik haji di MTsN 1 Kota Malang

Kota Malang (MTsN 1) – MTsN 1 Kota Malang adakan kegiatan manasik haji bagi seluruh siswa pada Sabtu (18/8). Tak ayal lautan putih seolah menutup area madrasah yang terletak di Jalan Bandung Nomor 7 tersebut.

Hal ini karena siswa, guru, pegawai, dan mahasiswa PPL semuanya memakai busana serba putih yang jumlah mereka lebih dari 1000 orang.

Miniatur Kakbah juga sudah disiapkan di lapangan basket sebagai pusat dari kegiatan manasik haji. Acara dimulai pada pukul 07.00 dan berakhir sekira pukul 10.00 WIB.

Sambutan kepala MTsN 1 Kota Malang, Samsudin, mengawali kegiatan manasik haji ini. “Ikuti dengan baik dan sungguh-sungguh kegiatan ini, jika diikuti dengan baik maka akan memantapkan ilmu keagamaan di madrasah,” jelasnya.

Samsudin juga menyampaikan bahwa kegiatan manasik haji ini adalah praktik dari materi agama yang diperoleh siswa di kelas. Kegiatan ini juga ia harapkan mampu memotivasi siswa untuk bisa melakukan ibadah haji dan umrah.

Usai sambutan acara langsung berlanjut dengan rangkaian manasik haji. Diawali dengan wuquf di Arafah, berhenti di Muzdalifah, lontar jumrah, mabit di Mina (jumrah ula, wustho, dan aqobah), dan diakhiri dengan tawaf, sai, serta tahalul.

“Dengan kegiatan manasik haji ini kami berharap bisa membekali siswa sejak dini agar mengenal salah satu dari rukun Islam. Jika mereka memahami sejak dini, ke depan proses penyempurnaan rukun kelima itu akan mudah,” ungkap Amin Tohari, ketua panitia manasik haji.

Lebih lanjut, Amin menyampaikan bahwa ibadah haji juga merupakan ibadah fisik sehingga ia mengharapkan jika siswa bisa menunaikan ibadah haji sejak usia muda saat fisiknya masih prima.

“Dalam kegiatan manasik ada pembekalan teori dan praktik. Secara teori ada lembar panduan manasik haji yang dibagikan sebelum pelaksanaan kegiatan agar dipelajari dan dipahami (siswa). Saat pelaksanaan pun (siswa) akan dipandu,” imbuh Amin. (Zul)

 



Editor : malangkota

Berita Terkait

MTsN 1 Kota Malang Raih Dua Piala Drastic 2018

Jum'at, 21 September 2018, 13:22

Kota Malang (MTsN 1) – Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan oleh ekstrakurikuler jurnalistik MTsN 1 Kota Malang, dengan raihan dua piala dalam ajang Drastic (Dhamysoga Photography and Jur...

Kankemenag Kota Malang Adakan Pembinaan Bagi Para Muallaf

Kamis, 20 September 2018, 15:01

Kota Malang (Humas) - Rabu (19/9), Unit Pengelola Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kota Malang menyelenggarakan Pembinaan Muallaf di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Malang. Kegiatan ini dihadir...

MTsN 2 Kota Malang Ikuti Workshop Penulisan Soal Hots

Senin, 17 September 2018, 09:06

Kota Malang (MTsN 2)- Setelah maraknya perbincangan soal Hots yang diisukan menjadi salah satu alasan menurunnya nilai UN, maka workshop ini menjadi upaya dari MTsN 2 Kota Malang mewaspadai hal ters...

Siswi MTsN 1 Kota Malang Raih Juara 3 Olimpiade Matematika Se-Jawa

Senin, 17 September 2018, 09:08

Kota Malang (MTsN 1) – Semangat pantang menyerah berbuah juara, itulah hal yang tepat untuk menggambarkan prestasi Maritza Gantari Makhrus (9L). Siswa MTsN 1 Kota Malang peraih juara 3 Olimpia...