logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014. Selamat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang Ke 73. Kerja Kita Prestasi Bangsa

Gagas Kampung Zakat Terpadu, Kemenag Mulai Bentuk Tim Efektif

Jum'at, 10 Agustus 2018, 15:23

Kab. Probolinggo (Inmas) Kamis (9/8) Kedepan akan banyak lagi pertemuan-pertemuan yang dilaksanakan Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo khususnya Penyelenggara Syariah. Setelah tadi sore dilaksanakan rapat koordinasi pembentukan tim efektif di Aula III dan dipimpin langsung Kepala Kankemenag, Santoso.

Didampingi Kasubag TU, ia juga sempat mengumpulkan para Kepala Seksi dan Penyelenggara Syariah atas upayanya membentuk “Kampung Zakat Terpadu”.

Kampung zakat terpadu; kampung binaan Kemenag yang diharapkan dapat menopang perekonomian masyarakat menuju perbaikan sdm. Dilakukan secara terpadu baik pengelolaan maupun pengembangannya bersama PEMKAB, BAZNA, LAZ dan pihak-pihak terkait yang diharapkan menjadi solusi.

Pihaknya telah menentukan satu titik salah satu desa di Probolinggo dengan keinginan mulia untuk menggerakkan geliat perekonomian masyarakat, pemberdayaan yang endingnya pada pengembangan SDM di daerah tersebut.

Bahkan kalau kita baca pemberitaan yang ditulis Ilham Wibowo di MetroTV News.com dengan Judul; “Indonesia Dinilai Pelopor Gerakan Zakat Negara Islam” (30/7/2018). Rilisnya berikut ini; Gerakan zakat di Indonesia dinilai telah tercatat sebagai unsur penting dan berperan aktif dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustaible Development Goals (SDGs). Kontribusi signifikan itu dituangkan dalam sebuah buku penegasan berjudul Fikih Zakat on SDGs yang diluncurkan di kantor Bappenas, Senin, 30 Juli 2018.

Zakat punya peran penting lantaran menjadi sumber filantropi yang paling potensial dan berkembang pesat khususnya di Indonesia. Pendayagunaan zakat juga meluas untuk program yang bersifat strategis karena bersifat dinamis perlu disesuaikan dengan zaman.

Dalam upaya mudahnya pelaksanaan program kerja perencanaan Kemenag membentuk Tim Efektif yang nantinya akan bekerja maksimal mensukseskan program tersebut. Yang menurut Santoso perubahan yang akan diupayakan terbagai pada tiga kelas, Jangka Pendeknya; “Terwujudnya Kampung Zakat Terpadu di Desa yang telah disepakati”, Jangka Menengah “Terwujudnya Penguatan Ekonumi Kampung Zakat Terpadu” dan Jangka Panjangnya “Menjadikan Kampung Zakat Terpadu Sebagai Kampung yang Mandiri”.

Ia juga menjabarkan tentang manfaat pelaksanaan program ini, Manfaat Internal adalah; Terlaksananya tugas dan fungsi Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo dalam melaksanakan kebijakan tehnis Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur sekaligus mempertegas peran dan fungsi Kementerian Agama dalam mewujudkan Visi Kementerian Agama yaitu  “Terwujudnya Masyarakat Indonesia yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, dan Sejahtera Lahir Batin dalam rangka Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong” (Keputusan Menteri Agama Nomor 39 Tahun 2015).

Sedangkan manfaat Eksternal; dapat membantu masyarakat dalam pengentasan kemiskinan. Masyarakat bisa mandiri dan sejahtera sekaligus membantu program desa (pemerintah) dalam rangka menuntaskan angka kemiskinan dengan terciptanya lapangan pekerjaan dengan menggandeng Pemerintah, BAZNAS, LAZ dan pihak terkait. Dan kepada Tim efektif yang dibentuknya untuk terus melakukan kajian sehingga bisa bekerja maksimal sesuai tujuan, pungkasnya.(Aan).

Editor ;Sol



Editor : probolinggokab

Berita Terkait

Kepala KUA Wonomerto: Semua Hari Baik Untuk Melangsungkan Aqdun Nikah

Selasa, 21 Agustus 2018, 14:50

Kab. Probolinggo (Inmas) - Selasa (21/8) Kepala KUA Kecamatan Wonomerto H. Wawan AS memberikan Rafa’ hingga pelaksanaan Aqdun Nikah tidak kurang dari 7 pasang calon pengantin dari 11 desa yang...

Bimtek P3BMN Al-Ikhlas Diikuti 30 Peserta

Senin, 20 Agustus 2018, 15:11

Kab. Probolinggo (Inmas) Senin, (19/8/2018), Bertempat di Aula Al-Ikhlas III Kankemenag Kabupaten Probolinggo dilaksanakan giat “Bimbingan Teknik Penyusunan Pelaporan Pengelolaan Aset BMN”...

Kemenag Turut Hadiri Rakor OJK

Senin, 20 Agustus 2018, 15:12

Kab. Probolinggo (Inmas) Berdasarkan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor S-645/K0.0401/2018 tertanggal 15 Agustus 2018, hari ini Senin, 19 Agustus 2018 Kasubag TU H. Fausi bersama Kasi Bimas Islam...

HUT RI 73, Jaga NKRI, Teguhkan Ikrar Ke-Bhinneka-an

Jum'at, 17 Agustus 2018, 10:54

Kab. Probolinggo (Humas) – Seluruh rakyat pecinta NKRI, Jum’at, 17 Agustus 2018 berkumpul di lapangan seluruh penjuru negeri untuk mengikuti Upacara peringatan hari kemerdekaan. Baik tingk...