Senin, 15 Oktober 2018, 16:44

thumbnail

Syiar Islam MTsN 2 Sidoarjo Melalui Penugasan Adzan Para Siswa di Masjid Lingkungan Siswa

Jum'at, 10 Agustus 2018, 11:51

Kab. Sidoarjo (MTsN 2 Sidoarjo) Jumat(10/8) 15 siswa MTsN 2 Sidoarjo dari kelas 9A dan 9B mendapat surat penugasan dari kepala sekolah untuk melaksanakan adzan dan iqamah di lingkungan masjid daerah masing-masing siswa. Abdul Ghofur selaku kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sidoarjo mengatakan, tujuan secara umum dari  kegiatan ini adalah sebagai  salah satu syiar islam yang dilakukan oleh MTsN 2 Sidoarjo melalui para siswanya, dengan tujuan  MTsN 2 Sidoarjo berturut peran dalam kegiatan syiar islam di lingkungan madrasah khususnya dilingkungan para siswa . Sasaran yang di libatkan ialah seluruh siswa MTsN 2 Sidoarjo, adapun  objek yang dituju adalah masjid lingkungan daerah siswa.

Waka kesiswaan MTsN 2 Sidoarjo, Amirul Hidayat menjelaskan persiapan awal dari kegiatan ini ialah seleksi terhadap siswa kelas sembilan yang memenuhi kelayakan untuk adzan, baik dari suara, kefasihan melafadkan adzan maupun penguasaan panggung atau tidak grogi. Amirul Hidayat mengatakan, dalam tahap awal ini yang diseleksi adalah kelas sembilan terlebih dahulu karena memang sasaran awal adalah kelas Sembilan. Dia juga menjelaskan tekhnik penyaringannya adalah diawali dengan pengujian adzan dan iqamah, selanjutnya setelah siswa terseleksi akan diadakan pembinaan lebih lanjut dan setelah itu para siswa ini akan diterjunkan di masyarakat sebagai penugasan di masjid lingkungan siswa tersebut. Dalam kegiatan pembinaan adzan ini juga dilakukan pembinaan kepada siswa yang belum layak untuk terjun ke masyarakat namun mempunyai kemauan untuk mendalami adzan dan iqamah, dan apabila siswa yang bersangkutan dirasa layak maka giliran mereka yang terjun di masyarakat untuk meramaikan masjid-masjid di lingkungan sekitan masyarakat.

Pelaksanaan penugasan adzan dan iqamah ini berlangsung selama 1 minggu setelah surat penugasan. Kegiatan ini diadakan oleh pihak sekolah melalui  jalur ekstrakurikuler Takmir Masjid. Rencana jangka panjang  dari kegiatan ini nantinya yakni akan menguji seluruh siswa MTsN 2 Sidoarjo. Pada kesempatan ini Abdul Ghofur mengatakan bahwa manfaat yang bisa didapat dari kegiatan ini adalalah MTsN 2 Sidoarjo melalui siswanya bisa ikut berperan serta di masyarakat dalam bentuk kegiatan ini, selain manfaat tersebut kegiatan ini bisa meningkatkan rasa peduli   siswa MTsN 2 Sidoarjo terhadap lingkungan di masjid atau musholla di lingkungan siawa masing-masing, dan juga kemudian memberi motivasi keada para siswa MTsN 2 Sidoarjo untuk senantiasa ikut sholat berjamaah” ucap bapak Amirul Hidayat.

Jika diatas Abdul Ghofur telah menjelaskan tujuan umum dan manfaat dari kegiatan ini, dia juga menjelaskan tujuan khusus dari kegiatan ini adalah mendorong anak-anak senantiasa memakmurkan lingkungan masjid dengan adzan dan iqamah. Kegiatan akan ini dilaksanakan secara rutin karena kegiatan ini adalah rangkaian dari  kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang masih dalam uji coba, harapan ke depan apabila kegiatan ini berjalan lancar maka kegiatan ini akan terus berlanjut, dengan tanpa halangan, serta target-target yang ingin diraih bisa tercapai, yang akan membawa manfaat dunia dan akhirat bagi siswa MTsN 2 Sidoarjo.  SLHR 8F

Bagikan ke Teman Anda :

Dibaca Oleh 123 Pengunjung