Sabtu, 20 Oktober 2018, 18:45

thumbnail

Kunjungan Alumni MAN IC Serpong Jadi Angin Segar Siswa Baru MAN IC Pasuruan

Jum'at, 20 Juli 2018, 11:18

Kab. Pasuruan (MAN IC) - Tepuk riuh penuh kegembiraan dan kebanggaan sontak terdengar memenuhi ruangan saat panitia MATSAMA memperkenalkan 2 orang alumni MAN IC Serpong yang saat ini berstatus mahasiswa Teknik Informatika ITS Azzam Jihad Ulhaq (Azzam)  dan mahasiswa Kedokteran UI Ahmad Sirojul Millah (Amil). “Semua MAN IC di Indonesia adalah saudara, dan kalian adalah adik saya yang cuma selisih 4 tahun” sapa alumni MAN IC Serpong angkatan 20 (angkatan Axiora) mengawali keakraban, Kamis (19/7/18).

 

Acara kunjungan dan testimoni alumni MAN IC ini adalah inisiatif dari Kepala MAN IC Pasuruan, Syamsul Ma’arif. Mengingat latar belakang siswa baru yang tidak semuanya mengenal MAN IC , maka penting menurutnya untuk mendatangkan alumni yang mengalami langsung kehidupan di IC agar siswa baru MAN IC Pasuruan semakin termotivasi dan percaya diri untuk merancang target masa depan.

 

Dalam kesempatan itu kedua alumni tersebut menceritakan bagaimana perjalanan mereka mulai awal masuk MAN IC Serpong hingga lulus. Berbagai macam tips dan kiat-kiat sukses mereka berikan untuk adik kelas. Mulai dari memupuk rasa ikhlas menerima apa adanya fasilitas yang ada maupun semangat belajar yang tinggi apapun keadaannya, harus bisa open mind membaca peluang, menyusun time schedule yang jelas, memperkuat ikatan kekeluargaan sesama siswa IC, hingga yang paling penting adalah doa dan sholat tepat waktu.

 

Sholat tepat waktu adalah salah satu ciri orang yang menghargai waktu, menurut mereka. Santai, ringan, namun sarat dengan motivasi itulah kesan yang ditangkap dalam pertemuan itu. Seratus menit tak terasa berlalu. Senyum semangat terpancar dari wajah-wajah mereka. Dan di akhir acara ada beberapa siswa yang langsung menemui Guru BK untuk konsultasi jurusan.

 

Seusai acara Kepala MAN IC Pasuruan langsung mengucapkan terima kasih kepada Kepala MAN IC Serpong, Ibu Penny, atas kunjungan alumninya yang sangat bermanfaat untuk membuka wawasan siswa baru, utamanya tentang kesempatan-kesempatan kuliah di perguruan tinggi terakreditasi A, maupun beasiswa-beasiswa, baik dalam negeri maupun luar negeri. Penny sempat menyebutkan bahwa kedua alumni tersebut adalah anak-anak yang hebat.

 

Dan tidaklah berlebihan apa yang disampaikan oleh Kepala MAN IC Serpong tersebut karena memang keduanya sangat berprestasi. Keduanya adalah penerima Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud tahun 2018 yang totalnya senilai 100 juta. Bahkan Azzam menerima beasiswa Rumah Kepemimpinan dari PPSDMS Nurul Fikri pula, buah dari kemahirannya berorganisasi dan leadership, sedangkan Amil baru-baru ini mempersembahkan medali untuk Indonesia pada Olimpiade Astronomi Internasional (IOAA) yang berlangsung di Thailand. (yul/emen)

Editor:  isn/hans

Bagikan ke Teman Anda :

Dibaca Oleh 301 Pengunjung