logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014.

Lantik PPIH Embarkasi Surabaya, Dirjen PHU Ajak Beri Kesan Pertama Positip Pada Jamaah

Rabu, 11 Juli 2018, 14:35

Surabaya (PHU) – Selasa malam (10/7), direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Nizar melantik panitia penyelengaara ibadah haji (PPIH) embarkasi/debarkasi Surabaya tahun 1439 H/2018 M di hall Bir Aly Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES). Dalam sambutannya, Nizar berharap agar PPIH memberikan kesan pertama yang positip kepada calon jamaah haji (CJH) yang baru masuk ke AHES.

“PPIH embarkasi hendaknya dapat membangun kesan positip terhadap hal tersebut  dengan bekerja secara optimal sesuai dengan tugas dan tanggung jawab  masing masing sehingga tercipta layanan prima sebagaimana yang diharapkan kita bersama,” terang Nizar pada pelantikan PPIH embarkasi yang terdiri dari unsur Pemprov. Jatim, Kanwil Kementerian Agama Prov. Jatim, Kanwil kementerian Hukum dan HAM Jatim, Polrestabes Surabaya, Kantor Imigrasi kelas 1 Surabaya, kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Type Madya Pabean Juanda, kantor kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Surabaya, UPT Asrama Haji Surabaya, Kantor Otoritas Bandara Juanda dan Angkasa Pura 1  Bandara Juanda.

Dalam hal penyelenggaraan angkutan udara, Nizar menuturkan bahwa jamaah haji asal embarkasi Surabaya akan menggunakan Saudia Arabian airlines. Ia pun meminta agar pengisian kapasitas seat pesawat di masing-masing embarkasi haji dapat dimaksimalkan.

Selain itu, Nizar menjelaskan beberapa inovasi terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, diantaranya percepatan keimigrasian. Mulai tahun ini, jelasnya proses biometric dan finger print akan dilakukan di seluruh asrama haji embarkasi, sedangkan proses preclearance berupa verivikasi dokumen dan stempel imigrasi kedatangan di Arab Saudi baru akan dilakukan Bandara Soekarno Hatta Cengkareng.

Sementara itu, kakanwil kemenag provinsi Jawa Timur Syamsul Bahri menjelaskan bahwa tahun ini, embarkasi Surabaya akan melayani 37.055 jamaah haji dengan rincian 35.270 orang jamaah haji dari Jawa Timur, 700 orang dari Bali, 670 orang dari Nusa Tenggara Timur serta 415 orang petugas kloter..

Kloter awal akan masuk AHES pada Senin depan (16/7). Pada hari tersebut, ada tiga kloter yang akan masuk ke AHES yakni kloter 1, 2, dan 3  yang berasal dari kabupaten Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.

Hingga Selasa malam (10/7), Kakanwil menjelaskan paspor yang sudah tervisa  dan telah diambil oleh tim dokumen sejumlah 4361 paspor untuk 10 kloter, dan masih akan berlanjut hingga selesai. (isn)

Editor: hans

 



Editor : admin

Berita Terkait

Lantik PPIH Embarkasi Surabaya, Dirjen PHU Ajak Beri Kesan Pertama Positip Pada Jamaah

Rabu, 11 Juli 2018, 14:35

Surabaya (PHU) – Selasa malam (10/7), direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Nizar melantik panitia penyelengaara ibadah haji (PPIH) embarkasi/debarkasi Surabaya...

Dirjen PHU Kemenag RI Buka Pembekalan dan Pelatihan Terintegrasi Calon Petugas Kloter Jam’ah Haji

Jum'at, 04 Mei 2018, 09:23

Surabaya (PHU) - (03/05) Demi terciptanya penyelenggaraan haji yang lebih baik lagi melalui Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) mengadakan pembekalan dan pelatihan terintegrasi calon petugas kloter...

Seleksi Petugas Haji Tingkat Pusat Tahun 2018

Selasa, 24 April 2018, 16:13

Jakarta (PHU)  - Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah menggelar seleksi petugas haji tingkat pusat tahun 2018, acara yang digelar di asrama haji Pondok Gede Jakarta diikuti oleh 270...

Pelunasan BPIH Mulai 16 April 2018, Ini Prosedurnya

Jum'at, 13 April 2018, 11:44

Sidoarjo (PHU) - Keputusan Presiden tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sudah terbit. Tahap selanjutnya adalah pelunasan BPIH bagi jemaah haji reguler dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD). ...