logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014.

8 Menit Pidato Kakanwil Pada HBH Zona 3

Selasa, 10 Juli 2018, 23:24
8 Menit Pidato Kakanwil Pada HBH Zona 3

Kota Blitar (Inmas) –H. Syamsul Bahri –Kepala Kanwil Kemenag Prov Jatim mengisi acara Halal Bihalal Zona-3 Dilingkungan Kanwil Kemenag Prov Jatim Tahun 1439 H/2018 M pada Selasa (10/07). Acara yang dilaksanakan di Tirtoyoso Park Kota Kediri tersebut mengambil tema: Dengan Halal Bihalal Kita Bangun Silaturrahmi dan Tebarkan Kedamaian.

Sesuai laporan dari Ketua Panitia Penyelenggara/Tuan Rumah H. Zuhri –Kepala Kemenag Kota Kediri, acara ini diikuti oleh 6.000 peserta. Terdiri dari ASN, GTT serta PTT dari 14 Kantor Kemenag dilingkungan Kanwil Kemenag Prov Jatim Zona 3.

Kakanwil mengawali pidatonya dengan mengatakan, mengapa harus halal bihalal? Sebab tidak ada manusia yang sempurna. Tidak ada manusia yang bersih, tidak ada manusia yang suci dalam kehidupan ini apalagi kita dengan pekerjaan di kantor. “Pasti banyak salah,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, agar hidup ini enteng, agar hidup ini damai, sesuai kata Allah: wal 'afina 'anin nas. Dari ayat itu dikatakan, dan orang yang bertakwa adalah orang yang memaafkan kesalahan orang lain.

Orang yang tidak mau memaafkan, nanti dendamnya itu jadi kayu bakarnya di api neraka. Sebaliknya, orang yang selalu memafkan Allah akan mengampuni dia. “Allah akan tamengi dia dari api neraka dengan keiklasan dia memafkan orang yang pernah membenci dan mengancamnya,” tegas H. Syamsul Bahri.

Kemudian dengan mengkhususkan pidatonya untuk para peserta perempuan, Kakanwil mengatakan, seorang suami itu tidak ada yang sempurna. Maka dari itu, karena tidak sempurna itu maafkan saja. Tutupi kekurangannya, maafkan dia.

Sangat jarang ada suami yang mencium tangan istrinya. Sebab pada dasarnya suami itu banyak yang egois dan angkuh. Sudahlah, lapangkan dada insyallah untuk kebaikan. “Anak-anak memotret kedamaian dalam rumah tangga kita, dan itulah sejatinya keluarga yang Sakinah Mawaddah Warahmah,” tandasnya.

Jangan pernah dilupakan, Dhuribat alaihimudhillatu ainama tsuqifuu illa bi hablimminalloh wa hablimminaas, wa baauu bighodhobin minallah wa dhuribat alaihimul maskanah. Yang artinya, ”Dimanapun manusia pergi dia akan selalu dihinakan disengsarakan hidupnya di dunia, kecuali dia mau benar-benar menjaga hubungan yang baik dengan Allah, menjaga hubungan yang baik dengan sesama manusia.”.

Didepan Lilik Muhibbah -Wakil Walikota Kediri yang juga mengikuti acara tersebut Kakanwil Kemenag Prov Jatim mengatakan, MAN di Jawa Timur ditingkat nasional mampu meraih Juara Umum OSN Tingkat Nasional. Saya tidak ngecap, ini fakta tahun ini yang bisa di cek. “Nuwun sewu Bu Wawali jangan tersinggung, sementara sekolah berada dibawah madrasah,” tegasnya.

 

Tahun ini yang Juara Umum Nasional adalah Madrasah Negeri dari Jawa Timur. Jangan pernah ragu lagi dengan madrasah. Sekarang sudah bukan lagi lebih baik madrasah, madrasah lebih baik. Tetapi sudah kita rubah, sudah naik lagi derajat kita. “Madrasah hebat, madrasah bermartabat,” pekik Kakanwil yang diikuti semua peserta.

Tahun ini MAN 2 Kediri meraih Juara Nasional Vocal Voice yang sampai memperoleh apresiasi dari Menteri Agama. Kemudian Juara 2-nya yaitu MAN 2 Probolinggo. Ini artinya apa? Jawa Timur jangan diremehkan. Jawa Timur jangan dipandang sebelah mata, pandanglah kami dengan tatapan kedepan. “Kami siap bertarung, fastabiqul khoirot,” pungkas H. Syamsul Bahri mengakhiri pidatonya. (moza)

Editor: isn/hans

 



Editor : blitarkota

Berita Terkait

Kepala Kemenag Pimpin Rakor Pemberangkatan Haji

Kamis, 19 Juli 2018, 11:27

Kota Blitar (Inmas) –Kantor Kementerian Agama Kota Blitar memelalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) menggelar acara rapat koordinasi Pemberangkatan Calon Jama’ah Haji (CJH) ...

Pelepasan Balon Meriahkan MATSAMA MTsN 2

Kamis, 19 Juli 2018, 11:29

Kota Blitar (Inmas) – Pelepasan balon menjadi salah satu penanda dalam kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) di MTs Negeri 2 Kota Blitar. Sebanyak 369 peserta didik baru bersa...

H. Muhtar Hazawawi Lepas PNS/ASN Yang Beribadah Haji

Kamis, 19 Juli 2018, 11:31

Kota Blitar (Inmas) –H. Muhtar Hazawawi –Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Blitar mengisi acara ‘Pelepasan PNS/ASN Yang Akan Menunaikan Ibadah Haji Tahun 1439 H/2018 M’....

Penyerahan Penghargaan Juara MTQ KORPRI Kota Blitar 2018

Rabu, 18 Juli 2018, 19:58

Kota Blitar (Inmas) – Bertempat di Balai Kusuma Wicitra Kota Blitar, pada Rabu (18/07) pagi telah dilakukan acara penyerahan piala dan penghargaan kepada para juara mtq korpri Kota Blitar Ta...