Sabtu, 20 Oktober 2018, 18:47

thumbnail

MAN Kota Surabaya Distribusikan 1215 kg Beras Zakat Fitrah

Jum'at, 08 Juni 2018, 12:00

Kota Surabaya (MAN Kota Surabaya) – Jum’at (8/6) adalah hari kedua MAN Kota Surabaya mendistribusikan beras zakat fitrah ke para mustahiq sekitar Wonorejo. Mulai pukul 09.00 WIB para siswa yang bertugas sebagai amil zakat menjalankan tugas mendistribusikan paket zakat fitrah ke para mustahiq, para warga sekitar madrasah yang memang berhak menerima zakat.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Arif Mustofa, selaku Pembina SKI sekaligus ketua amil zakat fitrah MAN Kota Surabaya tahun ini, diketahui amil berhasil menghimpun beras zakat fitrah dengan jumlah yang meningkat dari tahun kemarin.

“ Alhamdulillah tahun ini kami dapat menghimpun 1215 kg beras atau 405 paket beras zakat fitrah yang satu paketnya berupa 3 kg beras. Jumlah paket beras ini meningkat dari tahun kemarin dimana tahun kemarin kami mampu menyalurkan 328 paket. Paket beras ini kami distribusikan ke para mustahiq dan kami utamakan dari warga sekitar madrasah, jelas Arif.

Untuk sistem distribusinya, Arif menjelaskan bahwa dari 405 paket beras yang terhimpun, 175 paket disalurkan ke siswa madrasah yang berhak menerima. Selebihnya dibagikan ke warga sekitar madrasah. Untuk mustahiq siswa dapat diambil langsung ke amil sedangkan untuk warga sekitar madrasah dipilih sistem door to door.

 “ Distribusi paket beras zakat fitrah kami bagi menjadi dua. Untuk yang warga madrasah dapat mengambil langsung ke ruang amil. Sedangkan pendistribusian untuk warga sekitar madrasah menggunakan sistem door to door. Ada alasan mengapa kami menggunakan sistem door to door ini. Kami ingin kegiatan distribusi ini juga sebagai proses pembelajaran bagi siswa MAN Kota Surabaya tentang tugas amil zakat,” tutur Arif.

 “ Dengan menyerahkan secara langsung, siswa dapat memahami tugas amil. Selain itu dengan melihat kondisi warga dhuafa yang mereka kunjungi, kami berharap empati mereka dapat  tumbuh dan terus terpupuk. Jika empati itu ada di hati anak-anak, maka perilaku berbagi rizki pada orang lain yang membutuhkan akan mudah mereka lakukan,” tutup Arif. (HMS)

Editor : hans/isn

Bagikan ke Teman Anda :

Dibaca Oleh 87 Pengunjung