Sabtu, 20 Oktober 2018, 18:46

thumbnail

Ekskul Penulisan Kreatif MTsN 1 Kota Malang Terbitkan Cerpen Pilihan 2018

Jum'at, 08 Juni 2018, 08:27

Kota Malang (MTsN 1) – Ekstrakurikuler Penulisan Kreatif (EPIK) MTsN 1 Kota Malang merilis buku kumpulan cerpen pilihan Matsanewa 2018 yang berjudul Warna Dunia Kira. Buku tersebut terdiri atas 16 cerpen pilihan yang telah dimoderasi (diedit) selama satu bulan dan lolos seleksi dari puluhan cerpen karya siswa-siswi MTsN 1 Kota Malang.

Septina Rahma Devi dan Muna Azizah, siswi kelas 8A dan 8E, yang cerpennya berhasil lolos seleksi menyampaikan argumennya ketika karyanya terpilih untuk diterbitkan. “Alhamdulillah, akhirnya cerpen kami dipublikasikan. Semoga pembaca cerpen kami dapat mengambil pelajaran secara tersurat maupun tersirat.”

Yoga Prasetya, pembina dan proklamator EPIK MTsN 1 Kota Malang begitu apresiatif terhadap buku cerpen pilihan tersebut. “Ekskul ini belum mencapai usia satu tahun, tetapi sudah bisa berkontribusi untuk gerakan literasi sekolah. Harapan saya setiap tahun EPIK bisa konsisten melahirkan karya yang berkualitas dan mohon doa restunya untuk siswa-siswi ekskul penulisan kreatif MTsN 1 Kota Malang bisa menjuarai Olimpiade Literasi Siswa Nasional 2018 yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 sampai 31 Oktober 2018 di Makassar, Sulawesi Selatan. Amin,” ujarnya saat ditemui pada Jumat (8/6).

Buku perdana EPIK secara umum terbagi menjadi dua kategori besar, yaitu cerpen fantasi dan cerpen nonfantasi (kenyataan). Kategori pertama diwakili oleh cerpen “The Therraneam” (Aulia Najwani Maulidina), “Yang Punya Nama” (Lubna Lu’lu Nurur Rofiq), “Legenden om Silvercave” (Larasati Baktiantoro), “Molang” (Aisyah Azahra), dan “Potongan Masa Lalu” (Intan Fathur RG).

Kategori kedua, yaitu nonfantasi atau kenyataan. Kategori ini amat digemari oleh generasi pertama EPIK. Hal tersebut terbukti dengan dominasi cerpen nonfantasi dalam buku ini, yaitu “Warna Dunia Kira” (Septina Rahma Devi), “Musik” (Amira Aufa Karimah), “Putri Tidur” (Frida Azizurrahma Mashudi), “Takdir Atas Takdir” (Nur Aliya Shafira), “SCHIZOPHRENIA” (Puti Khayla Rossery), “Janji” (Cahaya Hasta Surya), “Sang Pemenang” (Haya Ailia Fitarakhman), “Lebih dari Hari Pahlawan” (Farah Nabila Arrahman), “Lingkaran Takdirku dengannya” (Lutfiya Hasna Izza R), “Album Foto” (Dhiamedina Putri S), dan “Kenangan dalam Hujan” yang ditulis oleh Muna Azizah. (Yo)

Editor : hans/isn

Bagikan ke Teman Anda :

Dibaca Oleh 244 Pengunjung