logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014.

Sambut Ramadhan 1439 H, Kemenag Sampang bersama FORPIMDA dan MUI keluarkan Himbaun Bersama

Rabu, 16 Mei 2018, 14:03

Kab. Sampang (Inmas) - Dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan Tahun 1439 H / 2018 M, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sampang H. Juhedi  Bersama  Jajaran Forum Pimpinan daerah (FORPIMDA) yakni Bupati Sampang, Kapolres Sampang, Dandim 0828 Sampang dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sampang mengeluarkan himbauan bersama.

Himbauan yang ditanda tangani secara bersama di Ruang Peringgitan Pendopo Bupati Sampang, Rabu (16/08/2018), memuat himbauan dan larangan yang ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sampang.

Kepala Kemenag Sampang H. Juhedi menyampaikan bahwa himbauan dan larangan ini dikeluarkan dengan tujuan untuk melakukan pembinaan, pencerahan dan menghadirkan kebaikan demi kebaikan dalam bulan Ramadhan.

“Mari bersama-sama memikul tanggungjawab dalam mebina masyarakat, memberikan pencerahan, menghadirkan suasana yang penuh kebajikan dan kebaikan sehingga ramadhan ini bisa memberikan bekas yang kuat yang baik dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan beragama serta moralitas bangsa “ ujarnya.

Adapun isi himbauan bersama tersebut antara lain Kepada segenap umat Islam untuk bersama-sama menyambut Bulan Suci  Ramadhan 1439 H/2018 M dengan memperbanyak amal ibadah baik secara ritual dan sosial.

Menghimbau kepada para Alim Ulama serta pimpinan Ormas Islam dalam menentukan awal Ramadhan dan Idul Fitri serta penentuan Imsakiyah dan waktu buka puasa agar mengikuti jadwal yang telah ditetapkan oleh Kemenag Sampang untuk menghindari terjadinya kebingungan di masyarakat.

Menghimbau kepada lembaga pendidikan, Ormas Islam serta takmir masjid untuk mengupayakan agar menyelenggarakan kegiatan keagamaan untuk mengisi acara Ramadhan. Untuk para pengelola dan pengurus Masjid dan Musholla dihimbau dalam melaksanakan kegiatan Tadarus Al Qur’an yang menggunakan pengeras suara (speaker) tidak boleh lebih dari jam 22.00 WIB.

Dihimbau juga kepada masayarakat untuk tidak melakukan kegiatan bermain musik daul atau dug dug setelah jam 22.00 WIB. Tidak ketinggalan pula, kepada seluruh pemilik rumah/warung makan, cafe, untuk tidak buka pada waktu siang hari sebelum jam 15.00 WIB. Khusus untuk para penjual takjil bisa buka mulai jam 14.00 WIB.

Selain itu, juga dilarang bagi para pemilik toko/swalayan, rumah makan/café, warung/pedagang kaki lima dan hotel serta masyarakat menjual, menyimpan dan mengkonsumsi minuman keras. Termasuk juga dilarang menyimpan, menjual dan membunyikan petasan.

Himbauan tersebut direncanakan akan disebarluaskan kepada masyarakat agar bisa diketahui dan dipatuhi dalam rangka menjaga kondusifitas pelaksanaan puasa selama Bulan Ramadhan.

“Setelah ditandatangani dan distempel maka himbauan ini akan diperbanyak dan disebarkan secara meluas ke masyarakat “ pungkas H.Juhedi. (FR)

Editor : hans/isn



Editor : sampang

Berita Terkait

MTsN 2 Sampang Gelar Haflatul Imtihan dan Wisuda ke 20

Rabu, 16 Mei 2018, 08:30

Kab. Sampang (MTsN2) - Haflatul Imtihan dan Wisuda   Kelas IX MTs Negeri 2 Sampang merupakan kegiatan rutin diakhir tahun pelajaran. Kegiatan ini sekaligus menjadi momen penting bagi madra...

Bersama LFNU, Kemenag Sampang Gelar Rukyatul Hilal Awal Ramadhan

Rabu, 16 Mei 2018, 09:01

Kab. Sampang (Pensyar) - Dalam rangka menentukan awal bulan Ramadhan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang bersama Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten sampang, Selasa (15/08/201...

Sambut Ramadhan 1439 H, Kemenag Sampang bersama FORPIMDA dan MUI keluarkan Himbaun Bersama

Rabu, 16 Mei 2018, 14:03

Kab. Sampang (Inmas) - Dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan Tahun 1439 H / 2018 M, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sampang H. Juhedi  Bersama  Jajaran Forum Pimpinan daerah (FORPIMDA) ya...

MTsN 1 Sampang Gelar Tasyakuran Peserta Didik Kelas IX

Selasa, 15 Mei 2018, 14:26

Kab. Sampang (MTsN 1) - Dalam rangka pengukuhan kelulusan, sebanyak 128 Siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Sampang mengikuti  acara Tasyakuran Peserta Didik Kelas IX, Senin (14/05)...