Sabtu, 20 Oktober 2018, 18:46

thumbnail

Tentukan 1 Ramadhan 1439 H Kemenag Kab. Tuban Laksanakan Rukyatul Hilal

Rabu, 16 Mei 2018, 11:26

Kab. Tuban (Pensyar) - Kementerian Agama  melaksanakan rukyatul hilal untuk penetapan awal romadhan 1539 H/2018 M pada hari Selasa, 15 Mei 2018  sore hari menjelang Maghrib di lokasi Menara Rukyat Ds. Banyuurip, Kec. Senori, Kab. Tuban.

Menurut Penuturan Mashari yang juga merupakan Penyelenggara Syariah , hasil dari rukyatul hilal dan data hisab nanti akan dilaporkan kepada Kementerian Agama RI di  Jakarta melalui posko rukyatul hilal Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jatim di Surabaya.
Pelaksanaan rukyatul hilal itu merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama Kab. Tuban selaku pemerintah dengan ormas Islam maupun instansi terkait, tambahnya.
Adapun yg akan hadir  dalam kegiatan tersebut selain Tim dari Kemenag, Tim MA Jakarta, Tim PA Tuban, Tim BHR Tuban, Jajaran Forkopimda Tuban, Polres Tuban, MUI Tuban, BMKG Tuban, Forkopimca Senori, Ormas Islam, Tim Falahiyah NU, Tim Tarjih & Tajdid Muhammadiyah, Kepala KUA se Kab. Tuban, Penyuluh Agama se Kab. Tuban,  Ponpes se Kab. Tuban Ta'mir Masjid Agung Tuban.

Sementara itu Kepala Kantor mengatakan, terkait awal bulan Ramadhan 1439 H secara garis besar, di seluruh Indonesia baik dari Aceh sampai Papua ketinggian hilal masih di bawah ufuq.
Ijtima' sendiri terjadi setelah matahari terbenam, sehingga dengan ini dapat dipastikan bahwa untuk awal bulan Ramadhan 1439 H  besok tidak akan terjadi perbedaan, terutama antara 2 Ormas besar di Indonesia (NU dan Muhammadiyah), karena hilal belum wujud (di bawah ufuq),  artinya sulit untuk bisa dilihat ketika pelaksanaan rukyatul hilal pada hari selasa, 15 Mei 2018 kemarin.
Kedua Ormas (NU dan Muhammadiyah) dengan 2 metode yang berbeda,  akan menentukan untuk istikmal (menyempurnakan bulan sya'ban 30 hari). Sehingga awal Ramadhan 1439 H. akan jatuh pada hari kamis, 17 Mei 2018.
Atau kita menunggu pengumuman hasil sidang istbat dari pemerintah (menteri agama).

Adapun pelaksanaan rukyatul hilal hari selasa, 15 Mei 2018 sifatnya ta'abbudi, artinya dengan melaksanakan rukyatul hilal itu sudah dianggap ibadah, terlepas nanti berhasil atau tidak. Sebagaimana sabda nabi, artinya : "Berpuasalah karena melihat bulan dan akhiri puasa karena melihat bulan, jika terhalang maka sempurnakan sya'ban 30 hari" (lai)

 




Bagikan ke Teman Anda :

Dibaca Oleh 110 Pengunjung