Sabtu, 20 Oktober 2018, 18:43

thumbnail

Bahas UUP Tahun 1974, Penyuluh Agama Dorong Pendewasaan Perkawinan

Selasa, 17 April 2018, 08:36

Kab. Probolinggo (Bimais) – Senin (16/04) bertempat di Ruang Pertemuan Joyolelono, Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Probolinggo menyelenggarakan Sosialisasi Penanganan Permasalahan Anak Tahun 2018 yang menghadirkan beberapa narasumber dari berbagai instansi & SKPD di Kabupaten Probolinggo seperti Polres, Dinas PP dan KB, Dinkes dan Kemenag.

Peserta yang diundang adalah ibu-ibu anggota PKK dan para istri Kepala desa se – Kabupaten Probolinggo sebanyak 100 peserta. Menurut salah seorang penyelenggara, Bahari, tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk menangani dan menyelesaikan permasalahan anak di Kabupaten Probolinggo seperti penyebaran AIDS, KDRT, kematian ibu dan anak, kesehatan dan gizi, pernikahan anak, kriminalitas dan berbagai masalah lainnya yang terkait dengan anak.

Mewakili Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, Penyuluh agama islam Yazid Zain, dalam presentasinya yang membahas tentang PUP dan Menghapus Perkawinan Anak, beliau memaparkan dengan jelas tentang pentingnya PUP dan mencegah perkawinan anak dari perspektif UU Perkawinan tahun 1974 dan UU Perlindungan Anak Tahun 2002 serta Fiqh.

Menurutnya, UUP Tahun 1974 mendorong pendewasaan perkawinan dan bukan sebaliknya. Demikian juga dalam aspek Fiqh Munakahat. Kuncinya adalah harus cermat memahami dan menelaah. “Nabi memerintahkan para pemuda yang telah mampu memberi nafkah untuk segera menikah, bukan anak-anak. Sedangkan bagi pemuda yang belum, dianjurkan berpuasa agar dapat menjaga diri”, jelasnya kepada para hadirin.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta yang diikuti dengan penuh semangat. (Yazid & Ansori).

Editor: isn/hans

Bagikan ke Teman Anda :

Dibaca Oleh 42 Pengunjung