logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014.

P2S Kirim 498 Santri Al Yasini Ke 55 Desa, Ka Kemenag Dukung Moderasi Islam

Senin, 16 April 2018, 09:08
Secara simbolis, Ka Kemenag menyematkan tanda peserta (ID Card) P2S

Kab. Pasuruan (MAN 2) - Upacara pemberangkatan pengabdian santri (P2S) tahun 2017/2018 telah dilaksanakan di lingkungan lembaga pendidikan Pondok Pesantren Terpadu (PPT) Al Yasini, Sabtu (14/4). Sebanyak 498 santri kelas XII SLTA yang berasal dari MAN 2 Pasuruan, SMKN, SAMA Excellent dan SMK Bilingual diberangkatkan ke 55 titik desa tersebar di 7 kabupaten yang ada di wilayah Jatim. Ke Tujuh Kabupaten yaitu Pasuruan, Malang, Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Jember dan Bondowosi.

 

Selain Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan H. Mohammad As’adul Anam, juga tampak hadir jajaran Muspida dan muspika antara lain, H Zainuddin kepala Kesbanglinmas, Kapolsek dan Danramil Kraton dan Wonorejo serta camat.

 

Saat memberikan sambutan, As'adul Anam menyampaikan beberapa hal kepada 498 santri dan 224 diantaranya adalah peserta P2S murid MAN 2 Pasuruan, antara lain ia mengemukakan bahwa ia sangatlah bangga atas kegiatan pengabdian santri yang digagas Pondok Pesantren Terpadu Al Yasini. Menurutnya, kegiatan ini langka dan terbaik karena telah menyentuh kepentingan ummat.

 

Menurutnya, hanya komunitas NU yang bisa berbuat demikian karena memiliki prinsip Wasathoniah, artinya sikap moderasi Islam yang mengembangkan 2 hal prinsip kemasyarakatan yaitu sikap Tasamuh (toleran) dan Tawassut ( moderat). Dua sikap inilah yang tengah diajarkan dan akan dilaksanakan santri di tengah-tengah masyarakat selama 30 hari mengabdi, sehingga mereka akan mudah diterima masyarakat yang heterogen yang cenderung memiliki pemahaman dan pilihan yang beda.

 

Dia yakin,  santri di pondok sudah dibekali oleh kyai dengan 2 sikap tersebut sebagai wujud dari fanitesme beragama sehingga mereka tidak akan melenceng  ke golongan kanan (liberal) yang cenderung menuhankan kebebasan dan tidak pula terpengaruh kepada golongan kiri (radikalisme).

 

Diakhir sambutannya, pria asli Jombang inipun berpesan jadilah santri  hebat yang menjadi kebanggaan kyai, guru dan orang tua. "Anda sesaat lagi akan mengikuti proses seleksi alam di tempat pengabdian, bagi yang terbaik dialah yang terpilih", imbuhnya. (ir/emen)

 

Editor: isn/hans



Editor : pasuruankab

Berita Terkait

Pengambilan Sumpah PNS Warnai Apel 17 an

Selasa, 17 Juli 2018, 13:34

Kab. Pasuruan (Inmas) – Disela sela pelaksanaan Apel 17 an dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan sebagai rutinitas bulanan sebagai wujud pengabdian, kegiatan evaluasi, koordin...

Satgas P4GN Warnai Matsama MTsN 6 Pasuruan

Selasa, 17 Juli 2018, 13:43

Kab. Pasuruan (MTsN 6) - Narkoba (narkotika dan obat/bahan berbahaya) adalah istilah lain dari Napza (Narkotika, Psikotropika, dan zat adiktif ) yang diperkenalkan oleh Kementerian Kesehatan RI, merup...

Workshop Pengembangan Kurikulum Pendidik dan Tenaga Kependidikan MTsN 1 Pasuruan

Jum'at, 13 Juli 2018, 10:22

Kab. Pasuruan (MTsN 1 Pasuruan) – Dalam rangka meningkatkan mutu mengajar, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pasuruan menyelenggarakan Workshop Pengembangan Kurikulum Pendidik dan Tenaga Kepen...

Gandeng Kemenag, Kejari Nikahkan 18 Pasang Pengantin Pada Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-58

Jum'at, 13 Juli 2018, 10:49

Kab. Pasuruan (Inmas) - Sebanyak 18 pasang pengantin, Kamis (12/07) tampak sumringah begitu bahagia. Mereka yang terdiri 7 pasang dari Rembang, 3 Kraton, 2 Kejayan, 2 Purwosari, 2 Lekok, 1 Baji, dan 1...