Sabtu, 20 Oktober 2018, 18:47

thumbnail

H. Santoso : Tingkatkan Daya Saing Melalui Penuntasan Pendidikan Dasar

Jum'at, 13 April 2018, 14:44

kab. Probolinggo (PDP) - Deksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren meminta Kepala Kankemenag H. Santoso untuk memberikan pencerahan pra persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Program Wajardikdas  Ula di Aula Al-Ikhlas III. (Jum’at, 13/4/2018).

Wajardikdas Ula-Wustha merupakan dua diantara program unggulan Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD. Pontren) selain Program Kesetaraan Paket A, B, C dan Program Pendidikan Diniyah Formal (PDF).

Program Wajardikdas awalnya merupakan hasil Surat Keputusan Bersama (SKB) Dua Menteri; Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beberapa tahun lalu. Dengan program ini pesantren-pesantren salafiyah di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pembelajaran dengan tambahan mapel umum seperti; Matematika, IPA, IPS, PPKn/PKn, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Selain itu mereka juga mendapatkan ijasah setara SD/MI untuk Ula dan setara SMP/Mts untuk Wustha. Sehingga lulusannya bisa diakui dengan nilai sederajat sehingga bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Sementara untuk yang setingkat SLTA, Pemerintah menyediakan Program Paket C dan Madrasah Muadalah (Disetarakan) untuk Seksi PD Pontren ini. Yang lulusannya bisa melanjutkan ke bangku kuliah. Dan sudah lumrah banyak diantara lulusannya telah menyandang gelar S.1 bahkan beberapa orang sudah ada yang S2 dan tidak menuntut kemungkinan se Indonesia sudah ratusan orang. Ini bukti nyata bahwa kiprah PD. Pontren yang berada dibawah lingkungan kementerian agama telah cukup berkiprah dalam memajukan dunia pendidikan kita.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Kankemenag H. Santoso, “teruslah wujudkan khidmat nyata demi tuntaskan pendidikan dasar guna mencerdaskan generasi bangsa yang mampu bersaing dalam berbagai bidang kehidupan”, perintahnya.

Taufik, selaku Kasi PD. Pontren meminta jajarannya untuk melakukan perbaikan-perbaikan signifikan dalam berbagai sesi program salah satu mensukseskan pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini, tutupnya. (Ansori).

Bagikan ke Teman Anda :

Dibaca Oleh 56 Pengunjung