logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014.

H. Santoso : Tingkatkan Daya Saing Melalui Penuntasan Pendidikan Dasar

Jum'at, 13 April 2018, 14:44

kab. Probolinggo (PDP) - Deksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren meminta Kepala Kankemenag H. Santoso untuk memberikan pencerahan pra persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Program Wajardikdas  Ula di Aula Al-Ikhlas III. (Jum’at, 13/4/2018).

Wajardikdas Ula-Wustha merupakan dua diantara program unggulan Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD. Pontren) selain Program Kesetaraan Paket A, B, C dan Program Pendidikan Diniyah Formal (PDF).

Program Wajardikdas awalnya merupakan hasil Surat Keputusan Bersama (SKB) Dua Menteri; Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beberapa tahun lalu. Dengan program ini pesantren-pesantren salafiyah di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pembelajaran dengan tambahan mapel umum seperti; Matematika, IPA, IPS, PPKn/PKn, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Selain itu mereka juga mendapatkan ijasah setara SD/MI untuk Ula dan setara SMP/Mts untuk Wustha. Sehingga lulusannya bisa diakui dengan nilai sederajat sehingga bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Sementara untuk yang setingkat SLTA, Pemerintah menyediakan Program Paket C dan Madrasah Muadalah (Disetarakan) untuk Seksi PD Pontren ini. Yang lulusannya bisa melanjutkan ke bangku kuliah. Dan sudah lumrah banyak diantara lulusannya telah menyandang gelar S.1 bahkan beberapa orang sudah ada yang S2 dan tidak menuntut kemungkinan se Indonesia sudah ratusan orang. Ini bukti nyata bahwa kiprah PD. Pontren yang berada dibawah lingkungan kementerian agama telah cukup berkiprah dalam memajukan dunia pendidikan kita.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Kankemenag H. Santoso, “teruslah wujudkan khidmat nyata demi tuntaskan pendidikan dasar guna mencerdaskan generasi bangsa yang mampu bersaing dalam berbagai bidang kehidupan”, perintahnya.

Taufik, selaku Kasi PD. Pontren meminta jajarannya untuk melakukan perbaikan-perbaikan signifikan dalam berbagai sesi program salah satu mensukseskan pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini, tutupnya. (Ansori).



Editor : probolinggokab

Berita Terkait

Santoso : Pendidikan Agama Membentuk Insan Taqwa, Berakhlak Mulia dan Terus Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama

Selasa, 17 Juli 2018, 05:47

Kab. Probolinggo (PD-Pontren) - Pemerintah telah memberikan perhatian khusus kepada Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dengan dikeluarkannya PP 55/2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Kea...

Sosialisasi Penulisan Ijazah, Kasi PendMa : Pahami Juknis Dengan Baik

Selasa, 17 Juli 2018, 06:21

Kab. Probolinggo (PendMa) - H. Didik Heriyadi harus terus melakukan inovasi dan perbaikan di semua lini untuk membawa pendidikan menuju “Madrasah Hebat Bermartabat”, hampir setiap saat ia ...

Kemenag Berupaya Bentuk Kampung Zakat

Selasa, 17 Juli 2018, 07:31

Kab. Probolinggo (Inmas) - Gerakan inovasi dan perubahan yang dilakukan oleh Kementerian Agama terus saja bergulir, hal ini sebagai tindak lanjut adanya tugas Diklatpim khusus para Kepala Kankemenag s...

Manasik Terakhir, Calon Jemaah Haji Lakukan Praktik Di Wisata Religi Pantai Bentar

Selasa, 17 Juli 2018, 10:56

Kab. Probolinggo (PHU) - Setelah selama dua minggu melaksanakan Bimbingan Manasik Haji di masing-kecamatan sesuai dengan zona yang telah ditentukan dari 12 zona untuk BMH yang dilaksanakan terpadu ole...