logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014.

Istighosah Kubro & Tausiyah Menjelang UNBK di MAN 1 Kota Malang

Selasa, 13 Maret 2018, 18:55
Istighosah Kubro bersama Gus Ali Musthofa di Masjid Darul Hikmah MAN 1 Kota Malang

Kota Malang (MAN 1) - Senin (13/3), tepat ba’da dhzuhur seluruh siswa-siswi kelas XII memadati Masjid Darul Hikmah bersama Wali/Orang Tua murid. Kali ini MAN 1 Kota Malang melaksanakan Istighosah Kubro & Tausiyah bersama Gus Ali Musthofa yang nantinya diharapkan semoga diberi kemudahan oleh Allah SWT, sukses dalam menempuh ujian UAMBN, UAMBK & UNBK tahun 2018.

            Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Panitia Penyelenggara, yakni Ustadz Luthfi, dimana beliau berpesan bahwa usaha itu ada lahiriyah dan batiniyah, Jadi sekuat-kuatnya belajar tetap Allahlah yang menentukan, seperti dalam pepatah "Aku berkehendak, Orang Tua dan Guru berkehendak tapi tetap Allahlah yg Maha berkehendak". Untuk itu mari kita perbanyak dzikir disetiap aktifitas yang kita jalani agar mendapat ketenangan yang hakiki.

Kemudian dilanutkan dengan Tausiyah oleh Gus Ali Musthofa. Beberapa poin penting dalam tausiyah beliau. “sebenarnya Ujian yang akan kita hadapi paling besar itu bukanlah Ujian Nasional, melainkan Ujian Hidup”, Ujar Gus Ali dalam tausiyahnya. Beliau juga menjabarkan bahwa Ujian Hidup itu seperti narkoba, pergaulan bebas, miras, dan lain-lain. Ujian Nasional tetap harus dihadapi, tetapi yang lebih sulit menghadapi adalah ujian hidup dimana era masa kini adalah era dimana perkembangan sangat pesat dan zaman semakin jahiliyah. Maka khususnya kepada murid MAN 1 Kota Malang terus bersholawat, berdzikir, agar selalu ingat kepada Allah SWT.

Beliau juga perpesan agar anak-anak dapat menumbuhkembangkan potensi yang luar biasa pada diri mereka. Dan bagi orang tua agar selalu memberi dukungan dan motivasi agar cita-cita buah hatinya yang mulia dapat tercapai.

Dipenghujung acara, dilanjutkan dengan Istighosah, serta saling memaafkan antara murid dengan guru, orang tua kepada anak. Kegiatan ini sangat positif sekali, banyak hikmah yang bisa diambil didalamnya, semoga siswa-siswi MAN 1 Kota Malang diberi kemudahan, keberkahan serta hidayah.

“Mudah-mudahan istighotsah dan tausiyah yang disampaikan gus Ali mampu menjadi power besar tidak hanya di masa-masa setelah UN atau menjelang UN (Ujian Nasional), tapi bisa istiqomah kita jalankan sampai akhir hayat nanti, amiin”. Ujar Ustadz Luthfi. (hms).

Editor : hans/isn/mn



Editor : malangkota

Berita Terkait

Ekskul Penulisan Kreatif MTsN 1 Kota Malang Terbitkan Cerpen Pilihan 2018

Jum'at, 08 Juni 2018, 08:27

Kota Malang (MTsN 1) – Ekstrakurikuler Penulisan Kreatif (EPIK) MTsN 1 Kota Malang merilis buku kumpulan cerpen pilihan Matsanewa 2018 yang berjudul Warna Dunia Kira. Buku tersebut terdiri ata...

Siswi MTsN 1 Kota Malang Raih Silver Award Singapore and Asian Schools Math Olympiad

Kamis, 07 Juni 2018, 06:19

Kota Malang (MTsN 1) – Siswi MTsN 1 Kota Malang kembali meraih prestasi membanggakan di ajang bergengsi. Kali ini, Naila Atifa Asrif (7K) berhasil mendapatkan silver award dalam Singapore and ...

MAN 1 Kota Malang Gelar Pondok Romadhan 1439 H

Selasa, 05 Juni 2018, 12:00

Kota Malang (MAN 1) – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, bulan penuh ampunan, bulan penuh rahmat dan pahala. Maka untuk menyambut bulan suci ini sekaligus meningkatkan keimanan da...

Pembukaan Pondok Ramadhan 1439 H di MIN 2 Kota Malang

Senin, 04 Juni 2018, 11:30

Kota Malang (MIN 2) – Senin (4/6) MIN 2 Kota Malang melaksanakan pembukaan pelaksanaan Pondok Ramadhan 1439 H. Kegiatan ini rutin dilaksanakan selama Bulan Ramadhan selama 3 hari. Acara Pembuk...