logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014.

Siswa MTsN 1 Kota Malang Raih Juara 3 Olimpiade Biologi Tingkat Nasional

Selasa, 13 Februari 2018, 08:48
MEMBANGGAKAN: M. Haris Wirananda raih juara 3 Olimpiade Biologi tingkat nasional

Kota Malang (MTsN 1) - Siswa MTsN 1 Kota Malang, M. Haris Wirananda, kelas 9L, berhasil meraih prestasi membanggakan dengan mendapatkan juara 3 Olimpiade Biologi tingkat nasional. Olimpiade Biologi ini diadakan oleh FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Surabaya, pada Senin (12/2).

Puluhan siswa terbaik dari berbagai sekolah jenjang SMP/MTs se-Indonesia turut menyemarakkan olimpiade tersebut. Saat ditemui pada Selasa pagi (13/2). Haris Wirananda, mengungkapkan pengalamannya saat mengikuti Olimpiade Biologi di ITS. Dalam kesempatan itu, Haris juga menyampaikan bahwa ia sangat senang bisa meraih juara 3 di olimpiade tingkat nasional.

“Saya sangat senang (bisa meraih juara 3) apalagi olimpiade ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, jika dibandingkan dengan olimpiade lain yang pernah saya ikuti. Saya juga belum pernah meraih juara di olimpiade di tingkat nasional, jadi ini adalah prestasi pertama saya di ajang olimpiade tingkat nasional,” jelas siswa yang bercita-cita menjadi ilmuwan biologi itu.

Dalam Olimpiade Biologi ITS, Haris harus melalui tiga tahap tes. Pertama adalah tahap penyisihan yang tesnya berupa pilihan ganda. Kedua adalah tahap semifinal yang tesnya berupa pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Tahap ketiga atau terakhir tes berupa praktikum.

“Dalam praktikum di final, saya melakukan praktikum jaringan makhluk hidup yaitu hewan dan tumbuhan, uji makanan, dan uji enzim,” ungkap Haris.

Ketua Program Kelas Olimpiade MTsN 1 Kota Malang, Amirul Hasan, juga turut mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih oleh M. Haris Wirananda. “Selamat untuk Haris yang telah berhasil meraih juara 3 Olimpiade Biologi tingkat nasional. Apalagi persaingan di final olimpiade itu sangat ketat, poin akhir yang didapat Haris adalah 3900. Hanya terpaut sedikit dari juara 1 dan 2,” urai guru alumnus S-2 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang tersebut.

 

Amirul juga berharap dengan prestasi yang telah diraihnya saat ini semakin memotivasi Haris untuk lebih giat belajar. Agar bisa memperoleh prestasi lebih baik di ajang yang lebih tinggi. (Zul)  

Editor: isn/hans



Editor : malangkota

Berita Terkait

Tim MTsN 1 Kota Malang Tampil dalam Indonesian Science Project Olympiad 2018

Jum'at, 23 Februari 2018, 11:07

Kota Malang (MTsN 1) Tim MTsN 1 Kota Malang tampil dalam event Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2018. Madrasah tsanawiyah yang beralamat di Jalan Bandung Nomor 7 itu berhasil meloloskan tiga...

Pramuka Matsanewa Raih Juara 3 Scout Competition Se-Malang Raya

Kamis, 22 Februari 2018, 08:13

Kota Malang (MTsN 1) – Regu Pramuka (putri) MTsN 1 Kota Malang berhasil meraih juara 3 Fraco Scout Competition 2018 Se-Malang Raya, yang diadakan oleh salah satu SMA swasta di Kota Malang. Fraco...

Kepala Kankemenag Kota Malang Buka Pembinaan PPIU

Rabu, 21 Februari 2018, 07:36

Kota Malang (Humas) - bertempat di Hotel Savana Malang Selasa, 20/2 Seksi Penyelenggara Haji & Umroh (PHU) pada Kankemenag Kota Malang menyelenggarakan kegiatan pembinaan Penyelenggaraan Perjalana...

MIN 1 Kota Malang Terima Kunjungan Kankemenag Kab. Keerom Papua

Rabu, 21 Februari 2018, 11:33

Kota Malang (MIN 1) – Rabu (21/02) Kantor Kemenag Kabupaten Keerom Propinsi Papua melakukan kunjungan ke MIN 1 Kota Malang. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat dari dekat aktivitas MIN 1 Kota ...