logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014.

Bangun Budaya Kerja dan Pelayanan, ASN Kemenag Kota Probolinggo Ikuti Diklat Revolusi Mental

Selasa, 13 Februari 2018, 08:11
Kepala Kankemenag Kota Probolinggo, Mufi Imron Rosyadi membuka DDWK Revolusi Mental Bagi ASN (12/2). (Foto:Rief)

Kota Probolinggo (Inmas) - Diklat Revolusi Mental Bagi ASN Dalam Membangun Budaya Kerja dan Pelayanan di Wilayah Kerja Kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo, Senin (12/2) bertempat di Aula Kankemenag Kota Probolinggo.

Lukman Sukamto, dalam menyampaikan laporan panitia diklat menyatakan bahwa tujuan diklat ini adalah untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan skill kepada peserta tentang nilai-nilai budaya kerja berbasis revolusi mental dan nilai-nilai agama, sehingga mampu menerapkannya dalam tugasnya sebagai pelayan publik. diklat ini akan berlangsung selama 5 hari (12-16/2) dengan jumlah 35 peserta dengan narasumber dari Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya.

 

Kepala Kantor Kemenag Kota Probolinggo, Mufi Imron Rosyadi dalam sambutan pembukaannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Balai Diklat Keagamaan Surabaya yang telah memberikan keparcayaan kepada Kantor Kemenag Kota Probolinggo sebagai tempat terselengaranya Diklat Diwilayah Kerja ini.

 

Salah satu area perubahan reformasi birokrasi yang dicanangkan dalam Rood Map Reformasi Birokrasi 2015-2019 adalah mental aparatur. Hal ini dikarenakan permasalahan birokrasi yang sudah lama berulang dan masih belum tuntas, yaitu perilaku negatif yang ditunjukkan dan diperaktikkan oleh para birokrat.

 

"Akibat dari perilaku yang ditunjukkan itu, citra dari birokrasi menjadi buruk dimata masyarakat. Perilaku tersebut meliputi; birokrasi yang lambat; berbelit-belit; tidak inovatif; tidak peka; inkonsisten; malas dan feudal, seharusnya mental ASN dapat menjalankan proses birokrasi dengan senyum, sopan, cepat, tanggap, peduli, tulus, andal terpercaya dan mampu menjaga mutu pelayanan," ungkap Mufi Imron Rosyadi.

 

Revolusi mental berarti perubahan mendasar dalam cara berfikir dan cara merasa yang diterjemahkan dalam perilaku dan tindakan nyata keseharian dalam kehidupan dalam berbagai aspek baik perilaku politik, perilaku ekonomi, perilaku pendidikan , perilaku kerja, dan perilaku sosial kemasyarakatan dapat dilihat bahwa revolusi mental mencakup perubahan dari tindakan keseharian yang sudah menjadi karakter. Berdasarkan hal-hal tersebut maka sangat diperlukan beberapa strategi jitu dalam melakukan revolusi mental ASN diantaranya; melakukan kampanye gerakan revolusi mental ASN, melakukan pelatihan bagi para ASN dan menerapkan sistem reward dan punishment.

Lebih lanjut Mufi Imron Rosyadi menyampaikan  bahwa revolusi mental memang sungguh-sungguh diperlukan bagi bangsa Indonesia, sebab disinyalir bahwa kita sedang krisis karakter, intoleransi yang makin meningkat, pemerintah ada tetapi tidak hadir dan rakyat yang selalu dianggap sebagai obyek pembangunan belum seperti yang diharapkan dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat,  sehingga masyarakat sering menyelesaikan masalahnya dengan caranya sendiri.

Pada dasarnya dalam diklat ini mental pegawai akan diupgrade dalam melakukan pelayanan yang ramah, terarah terukur; Diklat Revolusi Mental ini merupakan perwujudan bukti untuk mendorong terwujudnya revolusi mental; gerakan revolusi mental diharapkan tidak berhenti pada perubahan pola pikir dan sikap kejiwaan saja, tetapi harus diikuti dengan perubahan kebiasaan, dan pembentukan karakter yang menyatukan antara pikiran, sikap, dan tindakan sebagai suatu integritas.(Rief).

Editor: isn/hans

 



Editor : probolinggokota

Berita Terkait

H. Syamsul Bahri Berikan Pembinaan ASN Dilingkungan Kemenag Kota Probolinggo

Rabu, 21 Februari 2018, 13:41

Kota Probolinggo (Inmas), Selasa (20/2) Kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Rencana Kerja Tahunan, Penetapan Kerja dan Anggaran Tahun 2018 serta Pembinaan Ap...

Workshop Pembuatan Perangkat Pembelajaran Bahasa Arab KKMI se-Kota Probolinggo

Selasa, 20 Februari 2018, 06:49

Kota Probolinggo (Inmas) - Kelompok Kerja Madrasah Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kota Probolinggo dalam rangka meningkatkatkan mutu pembelajaran kusus Bahasa Arab, Senin (19/2) meyelenggarakan Worksh...

CJH Kota probolinggo Ikuti Verifikasi dan Validasi Data

Kamis, 15 Februari 2018, 11:05

Kota Probolinggo (PHU) - Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama, Rabu (14/2) melaksanakan kegiatan Verifikasi dan Validasi Data Calon Jama’ah Haji Kota Probolinggo t...

Bangun Budaya Kerja dan Pelayanan, ASN Kemenag Kota Probolinggo Ikuti Diklat Revolusi Mental

Selasa, 13 Februari 2018, 08:11

Kota Probolinggo (Inmas) - Diklat Revolusi Mental Bagi ASN Dalam Membangun Budaya Kerja dan Pelayanan di Wilayah Kerja Kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo, Senin (12/2) bertempat di Aula Kankeme...