logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014.

Guru BK IKuti Workshop Pengembangan Kurikulum

Selasa, 13 Februari 2018, 08:03


 

Surabaya (Pendma) - 100 guru Bimbingan Konseling (BK) pada MTs dan MA dari berbagai sekolah yang ada di Jawa Timur, mengikuti workshop pengembangan kurikulum BK 2013 bagi guru MTs dan MA di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan di hotel Aria Surabaya , Senin (12/01).

 

Laksono, M.Pd.I selaku Kepala Bidang Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur menjelaskan, diberlakukannya kurikulum 2013 membawa konsekuensi semua komponen pendidikan untuk mendukung implementasinya. "Guru Bimbingan dan Konseling (BK) atau konselor yang merupakan bagian dari komponen pendidikan, bertugas membantu peserta didik untuk mencapai perkembangan yang optimal," katanya kepada peserta seminar.

 

Dalam sambutannya Syamsul Bahri menjelaskan banyaknya kenakalan remaja di tahun milenial ini sangat memprihatinkan, menurut Syamsul, guru BK lah yang paling tepat membantu peserta didik dalam mengetahui, memilih, memelihara, dan mengembangkan potensi anak (siswa) sesuai dengan peminatannya.

 

"Layanan peminatan ini mulai dari pendidikan dasar (MI) hingga tingkat atas ( MA). Layanan ini merupakan bagian tak terpisahkan dan terintegrasi dalam program layanan bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan," ungkapnya.

 

Syamsul mengutarakan, pemilihan peminatan bagi peserta didik, tidak lah persoalan mudah. "Pemilihan peminatan ini memiliki arti penting bagi prospek kehidupan anak di masa depan," katanya. (nz)

Editor: isn/hans/mn



Editor : admin

Berita Terkait

Guru BK IKuti Workshop Pengembangan Kurikulum

Selasa, 13 Februari 2018, 08:03

  Surabaya (Pendma) - 100 guru Bimbingan Konseling (BK) pada MTs dan MA dari berbagai sekolah yang ada di Jawa Timur, mengikuti workshop pengembangan kurikulum BK 2013 bagi guru MTs dan MA di li...

Buka Sosialisasi Persiapan UN, Kakanwil: Output Madrasah Dapat Warnai PTN

Senin, 22 Januari 2018, 12:33

Sidoarjo (Pendma) – Kepala Kanwil Kemenag Provinsi jawa Timur Syamsul Bahri berharap agar output Madrasah Aliyah (MA) dapat mewarnai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada. Hal tersebut ia sampa...

Sekjen Kemenag RI Ajak Kasi Pendma dan Operator Kawal Jalannya BOS PIP

Kamis, 26 Oktober 2017, 08:16

Surabaya (Pendma) -  Sekjen Kemenag RI H. Nur Syam menjadi pemateri dalam acara workshop bimbingan tehnis bantuan operasional sekolah ( BOS ) dan program indonesia pintar (PIP) se-Jawa Timur tahu...

Tingkatkan Manajerial Laboratorium, Kepala Laborat IPA MTs MA Ikuti Bimtek

Selasa, 24 Oktober 2017, 12:17

Sidoarjo (Pendma) - Untuk meningkatkan kemampuan manajerial kepala laboratorium IPA pada madrasah tsanawiyah (MTs) dan madrasah Aliyah (MA), Kanwil Kemenag Prvinsi Jawa Timur menggelar bimbingan tekni...