logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014.

Guru BK IKuti Workshop Pengembangan Kurikulum

Selasa, 13 Februari 2018, 08:03


 

Surabaya (Pendma) - 100 guru Bimbingan Konseling (BK) pada MTs dan MA dari berbagai sekolah yang ada di Jawa Timur, mengikuti workshop pengembangan kurikulum BK 2013 bagi guru MTs dan MA di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan di hotel Aria Surabaya , Senin (12/01).

 

Laksono, M.Pd.I selaku Kepala Bidang Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur menjelaskan, diberlakukannya kurikulum 2013 membawa konsekuensi semua komponen pendidikan untuk mendukung implementasinya. "Guru Bimbingan dan Konseling (BK) atau konselor yang merupakan bagian dari komponen pendidikan, bertugas membantu peserta didik untuk mencapai perkembangan yang optimal," katanya kepada peserta seminar.

 

Dalam sambutannya Syamsul Bahri menjelaskan banyaknya kenakalan remaja di tahun milenial ini sangat memprihatinkan, menurut Syamsul, guru BK lah yang paling tepat membantu peserta didik dalam mengetahui, memilih, memelihara, dan mengembangkan potensi anak (siswa) sesuai dengan peminatannya.

 

"Layanan peminatan ini mulai dari pendidikan dasar (MI) hingga tingkat atas ( MA). Layanan ini merupakan bagian tak terpisahkan dan terintegrasi dalam program layanan bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan," ungkapnya.

 

Syamsul mengutarakan, pemilihan peminatan bagi peserta didik, tidak lah persoalan mudah. "Pemilihan peminatan ini memiliki arti penting bagi prospek kehidupan anak di masa depan," katanya. (nz)

Editor: isn/hans/mn



Editor : admin

Berita Terkait

Pengawas Madrasah Kemenag Jatim Bersiap Diri Menjadi Master Of Trainer

Selasa, 08 Mei 2018, 10:58

Surabaya (Pendma)- Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur terus berkomitmen dalam mengembangkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di Jawa Timur. Kali ini bekerjasama dengan narasumbe...

Jawa Timur Terima Penghargaan Menag Sebagai Penyelenggara UNBK dan UAMBN BK MA dengan Prosentase 100%

Kamis, 03 Mei 2018, 13:03

Sidoarjo (Pendma) - Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan Ujian akhir madrasah berstandar nasional berbasis komputer (UAMBN BK) tingkat madrasah Aliyah telah berlansung sebulan lalu....

Rakor Pendataan Emis Menuju Madrasah Hebat Bermartabat

Jum'at, 27 April 2018, 13:11

Batu (PendMa) - Menjadi seorang guru setidaknya harus mempunyai bekal akting, action, serta punya event. Maksudnya seorang harus dapat berimprovisasi dalam mengajar, punya kekuatan dan semangat dala...

KAKANWIL KEMENAG PROVINSI JAWA TIMUR MENINJAU PROSES UNBK DI SIDOARJO

Senin, 23 April 2018, 15:42

Sidoarjo (MTsN 1 Sidoarjo) - Senin (23/4), Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) mulai digelar. Pada UNBK tersebut diikuti oleh 316 siswa,dan akan berakhir pada 2...