logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014.

Proses Pembatalan BPIH Haji Reguler Ditutup Sementara

Rabu, 24 Januari 2018, 11:06

Surabaya (PHU) - Berdirinya badan pengelola keuangan haji (BPKH) dan mulai pindahnya rekening pengelolaan dana Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dari Menteri Agama ke BPKH berdampak pada layanan proses pendaftaran dan pembatalan haji. Perubahan rekening tersebut dilakukan sejak 12 Januari 2018. Bila sebelumnya pendaftaran haji reguler dengan menyetorkan sejumlah dana ke rekening Menteri Agama maka sejak perubahan rekening dana haji, setoran awal BPIH dilakukan ke rekening BPKH. Begitu pun dengan proses pembatalan pendaftaran dan pengembalian setoran awal BPIH akan dilakukan oleh BPKH ke rekening jemaah haji yang bersangkutan.

Melalui surat edaran nomor B-23001/Dj/Dt.II/KS.02/01/2018 tanggal 23 Januari 2018, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) meminta seluruh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi menginformasikan penutupan sementara proses pembatalan dan pengembalian dana BPIH reguler kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota. Proses pembatalan haji reguler yang semula pengembalian dana BPIH merupakan kewenangan Direktorat Pengelolaan Dana Haji dan SIHDU berlaih menjadi kewenangan BPKH.

Terkait dengan perubahan tersebut, Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Jatim Faridul Ilmi, akan melakukan koordinasi dengan daerah dengan membuat surat edaran. Setelah membuat edaran, Fardhul Ilmi meminta kepada daerah untuk menginformasikan kepada masyarakat luas, dan kepda kepada stakeholder-stakeholder.

"Karena edaran baru datang kemarin, hari ini surat edaran tersebut akan diteruskan ke daerah, dengan tujuan agar pelayanan pembatalan BPIH dihentikan sementara," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (24/1).

"Dan saya meminta kepada daerah untuk menginformasikan edaran tersebut kepada masyarakat luas," tambahnya.

Menurutnya penutupan proses pembatalan dan pengembalian dana BPIH ini bersifat sementara sampai dengan diterbitkannya regulasi baru. Sampai dengan saat ini Direktorat Jenderal PHU dan BPKH terus bersinergi merampungkan keputusan bersama tentang pedoman pembatalan dan pengembalian BPIH regular. (mn)

Editor : hans/isn



Editor : admin

Berita Terkait

Resmikan Gedung PHU, Kakanwil Apresiasi Semangat Bidang PHU

Rabu, 07 Februari 2018, 15:49

Sidoarjo (PHU) - Kepala Kantor Wilayah Kemenag provinsi Jawa Timur H. Syamsul Bahri meresmikan penggunaan gedung PHU yang baru, Rabu (7/2). Peresmian tersebut dilaksanakan di gedung baru PHU, yang sem...

Proses Pembatalan BPIH Haji Reguler Ditutup Sementara

Rabu, 24 Januari 2018, 11:06

Surabaya (PHU) - Berdirinya badan pengelola keuangan haji (BPKH) dan mulai pindahnya rekening pengelolaan dana Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dari Menteri Agama ke BPKH berdampak pada la...

Direktur Pelayanan Haji: Ahli Waris Harus Bisa Membagi Adil Santunan Ekstracover Maskapai

Jum'at, 10 November 2017, 13:56

  Surabaya (PHU) - Ahli waris harus bisa membagi adil, jangan sampai menjadi fitnah dikemudian hari. Karena itu rejeki yang tidak diduga melalui perantara orang tuanya yang meninggal di pesawat....

Antisipasi Kantibmas, PPIU dan PIHK mendapat pembinaan dari Kemenag dan Polda Jatim

Rabu, 11 Oktober 2017, 15:52

Surabaya (PHU) - Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan memberikan perlindungan kepada para calon jamaah umroh, Kanwil Kementerian agama Provinsi Jawa Timur bersama Polda Jawa Timur, Selasa, (10/10) ...