logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014.

Proses Pembatalan BPIH Haji Reguler Ditutup Sementara

Rabu, 24 Januari 2018, 11:06

Surabaya (PHU) - Berdirinya badan pengelola keuangan haji (BPKH) dan mulai pindahnya rekening pengelolaan dana Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dari Menteri Agama ke BPKH berdampak pada layanan proses pendaftaran dan pembatalan haji. Perubahan rekening tersebut dilakukan sejak 12 Januari 2018. Bila sebelumnya pendaftaran haji reguler dengan menyetorkan sejumlah dana ke rekening Menteri Agama maka sejak perubahan rekening dana haji, setoran awal BPIH dilakukan ke rekening BPKH. Begitu pun dengan proses pembatalan pendaftaran dan pengembalian setoran awal BPIH akan dilakukan oleh BPKH ke rekening jemaah haji yang bersangkutan.

Melalui surat edaran nomor B-23001/Dj/Dt.II/KS.02/01/2018 tanggal 23 Januari 2018, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) meminta seluruh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi menginformasikan penutupan sementara proses pembatalan dan pengembalian dana BPIH reguler kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota. Proses pembatalan haji reguler yang semula pengembalian dana BPIH merupakan kewenangan Direktorat Pengelolaan Dana Haji dan SIHDU berlaih menjadi kewenangan BPKH.

Terkait dengan perubahan tersebut, Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Jatim Faridul Ilmi, akan melakukan koordinasi dengan daerah dengan membuat surat edaran. Setelah membuat edaran, Fardhul Ilmi meminta kepada daerah untuk menginformasikan kepada masyarakat luas, dan kepda kepada stakeholder-stakeholder.

"Karena edaran baru datang kemarin, hari ini surat edaran tersebut akan diteruskan ke daerah, dengan tujuan agar pelayanan pembatalan BPIH dihentikan sementara," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (24/1).

"Dan saya meminta kepada daerah untuk menginformasikan edaran tersebut kepada masyarakat luas," tambahnya.

Menurutnya penutupan proses pembatalan dan pengembalian dana BPIH ini bersifat sementara sampai dengan diterbitkannya regulasi baru. Sampai dengan saat ini Direktorat Jenderal PHU dan BPKH terus bersinergi merampungkan keputusan bersama tentang pedoman pembatalan dan pengembalian BPIH regular. (mn)

Editor : hans/isn



Editor : admin

Berita Terkait

Dirjen PHU Kemenag RI Buka Pembekalan dan Pelatihan Terintegrasi Calon Petugas Kloter Jam’ah Haji

Jum'at, 04 Mei 2018, 09:23

Surabaya (PHU) - (03/05) Demi terciptanya penyelenggaraan haji yang lebih baik lagi melalui Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) mengadakan pembekalan dan pelatihan terintegrasi calon petugas kloter...

Seleksi Petugas Haji Tingkat Pusat Tahun 2018

Selasa, 24 April 2018, 16:13

Jakarta (PHU)  - Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah menggelar seleksi petugas haji tingkat pusat tahun 2018, acara yang digelar di asrama haji Pondok Gede Jakarta diikuti oleh 270...

Pelunasan BPIH Mulai 16 April 2018, Ini Prosedurnya

Jum'at, 13 April 2018, 11:44

Sidoarjo (PHU) - Keputusan Presiden tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sudah terbit. Tahap selanjutnya adalah pelunasan BPIH bagi jemaah haji reguler dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD). ...

Buka Seleksi Petugas Haji Pakai "CAT", Irjen Kemenag RI Tegaskan Komitmen Perbaiki Layanan Ibadah Haji

Kamis, 12 April 2018, 13:53

  Surabaya (PHU) – Pelaksanaan seleksi petugas haji tahun 2018 berbeda dari ujian tahun sebelumnya. Mulai tahun ini, seleksi petugas haji tingkat provinsi menggunakan metode Computer Aid...