Sabtu, 20 Oktober 2018, 06:01

thumbnail

As'adul Anam Jadi Narsum Sosialisasi Pemeriksaan Calon Jemaah Haji Tahun 2018

Kamis, 11 Januari 2018, 09:35

Kab. Pasuruan (PHU) - Dalam rangka persiapan pemeriksaan calon jemaah haji Kabupaten Pasuruan tahun 2018 M/1439 H, Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan mengadakan Rapat Sosialisasi Pemeriksaan Kesehatan Calon Jemaah Haji Tahun 2018 bagi lintas sektor, Rabu (10/01).

Acara yang dibuka oleh kepala Dinas Kesehatan Kab. Pasuruan dr. Agung Basuki, M. Kes ini dilaksanakan di Ruang Pertemuan Dinkes dengan dihadiri oleh jajaran lintas sektoral, tak terkecuali dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan.

Untuk acara sosialisasi ini, Kemenag mendapatkan undangan dari Dinkes meliputi Kepala Kemenag sekaligus bertindak sebagai Narasumber H. Mohammad As'adul Anam, Kasi PHU H. Imron Muhadi juga Narasumber dan leader sesi tanya jawab serta seluruh kepala KUA se Kabupaten Pasuruan.

Sementara itu, kepala Kemenag selaku narasumber diawal paparannya menyampaikan evaluasi terkait pelaksanaan ibadah haji tahun 2017 yang dikatakannya berjalan cukup lancar dan tidak ada problem sama sekali, hal ini jelas mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, ucapnya.

Kedepan, Kemenag dengan jajaran terkait bertekad akan lebih meningkatkan pelayanan dalam hal ibadah haji guna memberikan pelayanan ekstra bagi tamu-tamu Allah, jangan sampai ditahun kemarin sudah bagus namun ditahun berikutnya mengalamai kemunduruan, setidaknya harus lebih maksimal dan lebih baik lagi tentunya, baik dalam hal pelayanan awal sampai akhir menuju pemberangkatan dan pemulangan, termasuk terkait syarat - syarat yang harus diikuti oleh jamaah calon haji, kesehatan dan sebagainya.

Panjang lebar disampaikan oleh Ka Kemenag mengupas masalah haji dan prosedurnya terkait aturan yang ada di Kementerian Agama, lebih-lebih terkait syarat kesehatan bagi calon jemaah haji tahun ini. Diakhir paparannya, beliau berpesan kepada seluruh kepala KUA yang terlibat dalam rapat soisalisasi agar sesegera mungkin untuk berkoordinasi dengan pihak Puskesmas berkaitan dengan test kesehatan bagi calon jemaaah haji.

Sementara itu, pemerintah daerah melalui Kabag Kessos (Kesejahteraan Sosial) H. Hasyim menyampaikan bahwa pihak Pemkab akan tetap menfasilitasi persediaan alat transportasi pulang-pergi bagi jemaah haji seperti tahun-tahun sebelumnya. Selain transportasi, Pemkab menyediakan truck atau Kontainer pengangkut kopor jamaah haji, memberikan tas tenteng dan disini jangan sampai KBIH memungut biaya sepeserpun untuk fasilitas itu semua, jangan memanfaatkan fasilitas dari kami untuk mengambil keuntungan, pesannya.

Diakhir agenda rapat sosialisasi diadakan sesi tanya jawab terkait seputaran pelaksanaan ibadah haji tahun 2018 yang dipandu langsung oleh kepala seksi penyelenggara haji dan umroh Kemenag Kab. Pasuruan H. Imron Muhadi. (emen)

Editor : hans/isn/mn

 

 

Bagikan ke Teman Anda :

Dibaca Oleh 98 Pengunjung