Sabtu, 20 Oktober 2018, 06:04

thumbnail

Bimtek Lanjutan Emis PAI Kota Blitar

Kamis, 11 Januari 2018, 07:06

Kota Blitar (Inmas) –Dalam rangka menindak lanjuti pelaksanakan peningkatan mutu kualitas data pendidikan (Emis Pais), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kota Blitar melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) lanjutan pengisian data emis berbasis web TP 2017/2018 bagi Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI). Kegiatan dimaksud dilaksanakan di aula SMK Negeri 2 Kota Blitar dan di ikuti oleh 80 orang peserta yang terdiri dari para GPAI di Kota Blitar pada Rabu (10/01).

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 10.00 wib ini dibuka oleh H. M. Kanzul Fathon -Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kantor Kemenag Agama Kota Blitar. Dalam sambutan pengarahanya ia mengatakan, Peran strategis data EMIS PAI adalah untuk mengetahui kualifikasi pendidikan dan kompetensi guru dan Pengawas PAI. Kemudian memperkirakan kebutuhan anggaran untuk program sertifikasi, tunjangan profesi, tunjangan fungsional, serta pelatihan guru dan pengawas. “Disamping itu, juga untuk merencanakan pengembangan wawasan PAI bagi siswa sekolah dan lain sebagainya,” tuturnya.

Lebih lanjut, H. M. Kanzul Fathon menjelaskan, Tim (Operator EMIS) dari Seksi Pakis Kemenag Kota Blitar akan bertugas mengolah,  memantau dan memferivikasi data Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI). “Guru-guru PAI  harus selalu melakukan update data secara periodik agar data EMIS senantiasa menjadi terbarukan dan dapat diandalkan,” ucapnya.

Sementara itu, Hj. Luluk Hidayah selaku operator Emis Kemenag Kota Blitar memberikan penjelasan secara rinci tentang teknis update data Emis, serta kendala perbaikan server pusat yang dihadapi saat ini kepada para peserta kegiatan. Dan H. Zainal Arifin -Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) pada kegiatan itu menyampaikan materi tentang peningkatan kompetensi guru pendidikan agama Islam, serta beberapa regulasi dan aturan baru tentang GPAI. (vata/moza)

Editor : hans/isn/mn

Bagikan ke Teman Anda :

Dibaca Oleh 71 Pengunjung