Sabtu, 20 Oktober 2018, 06:06

thumbnail

Bimas Islam Monev Program Penyuluh

Selasa, 14 November 2017, 11:46

Kota Blitar (Inmas) – Seksi Bimas Islam melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Penyuluh Agama Islam, Bimbingan Teknis Aplikasi e-PAI, dan Updating Data e-Kinerja Penyuluh Agama Islam di aula Kantor Kemenag Kota Blitar pada Selasa (14/11).

Kegiatan diikuti oleh 37 orang peserta yang merupakan para Penyuluh Agama Islam dilingkungan Kemenag. Para Penyuluh Agama Islam peserta kegitan ini terdiri dari 5 orang Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) dan 25 orang Penyuluh Non PNS.

Monev Seksi Bimas Islam dibuka oleh H. Ngudiono -Kepala Kemenag. Saat memberikan sambutan pada acara ini diantaranya ia mengupas tentang tujuan dari kegiatan ini. Dan tujuan kegiatan ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Kemenag, yaitu untuk mengembangkan potensi para Penyuluh Agama Islam.

Kemudian juga untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Penyuluh Agama Islam. “Dan yang tak kalah penting, sebagai wadah koordinasi, evaluasi dan silahturahmi antar Penyuluh Agama Islam yang ada di Kota Blitar,” tuturnya.

Semenatar itu H. Masrur -Kasi Bimas Islam menyampaikan, pertemuan dengan para PAIF dan Penyuluh Agama Islam Non PNS ini juga dalam rangka sosialisasi Keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor : 298 Tahun 2017 Tentang: Pedoman Penyuluh Agama Islam Non PNS sebagai acuan dalam melaksanaan tugas penyuluh, agar tugas yang dilaksanakan tepat sasaran dan sesuai dengan pedoman dari Bimas Islam.

Dikatakannya, “Nantinya kita harapkan, agar para penyuluh selalu mengangkat tema terkini dalam menyampaikan penyuluhannya di masyarakat, sehingga problematika umat yang dihadapi akan bisa terpecahkan.”.

Umi Nikmaturrohmah -Ketua Kelompok Kerja Penyuluh menyambut baik kegiatan monev sekaligus pembinaan terhadap Penyuluh ini. Menurutnya, kegiatan monitoring seperti ini merupakan salah satu Tugas dan fungsi Bimas Islam dalam rangka membina secara langsung kinerja penyuluh baik dari sisi pelayanan maupun ketertiban administrasi.

Dengan dievaluasinya kinerja penyuluh oleh seksi Bimas Islam, akan menjadikan para penyuluh yang mengemban tugas di lapangan dapat membangun bidang spiritual masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab. “Sehingga tujuan membangun masyarakat Islam yang taat beragama, sejahtera lahir dan batin dapat terwujud,” pungkasnya. (moza)

Editor : hans/isn/mn

Bagikan ke Teman Anda :

Dibaca Oleh 115 Pengunjung