logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014.

Puluhan Siswa Adiwiyata MTsN 1 Ikuti Sosialisasi Sehat Gizi Makanan Dan Antisipasi Anemia

Selasa, 14 November 2017, 11:38
Tampak siswi binaan Adiwiyata MTsN 1 serius mendengarkan paparan dari petugas medis Puskesmas Raci

Kab. Pasuruan ( MTsN 1 Pasuruan) – Bekerjasama dengan Puskesmas Raci, MTs Negeri 1 Pasuruan mengadakan Sosialisasi Sehat Gizi Makanan dan Antisipasi Anemia. Pada kesempatan ini materi yang disampaikan mengenai Anemia masa remaja yang disampaikan oleh Petugas Puskesmas Raci dan didampingi oleh Pembina UKS MTs Negeri 1 Pasuruan. Adapun peserta yang mengikuti Sosialisasi yakni terdiri dari siswa binaan Adiwiyata sebanyak 20 siswa, Selasa (14/11).

Tujuan diadakanya sosialisasi ini tak lain dalam rangka ingin mengingatkan akan pentingnya kesehatan dan gizi makanan melalui penanggulangan Anemia kepada remaja, khususnya remaja putri, ingin mewujudnya remaja sehat, cerdas dan produktif.

Saat ini remaja sedang dalam masa pertumbuhan yang sangat kuat sehingga banyak makanan yang masuk ke dalam tubuh akan tetapi tidak sesuai dengan gizinya. Maka dari itu, remaja  butuh asupan energi gizi untuk tubuhnya, salah satunya protein. Kebanyakan remaja mengkonsumsi makanan-makan yang rendah protein, apalagi bila sudah dalam lingkungan Madrasah. Tidak menutup kemungkin banyak remaja yang kekurangan darah, atau biasa disebut dengan anemia, jelas salah satu petugas kesehatan gizi dari Puskesmas Raci.

Lebih luas, Anemia adalah merupakan kondisi dimana keadaan kadar Hemoglobin/Hb didalam darah lebih rendah dari yang seharuasnya/normal. Sehingga seringkali siswa merasa lemas dan sampai pula ada yang pingsan.

Dikatakannya, penyebab Anemia diantaranya produksi sel darah merah tidak optimal, misalnya karena zat besi yang dibutuhkan untuk pembuatan sel darah merah didalam tubuh kurang, kerusakan atau destruksi sel darah merah yang eksesif, misalnya pada malaria, dan kehilangan darah yang eksesif, misalnya karena perdarahan dan cacingan, terangnya. (dy/emen)

Editor : hans/isn/mn



Editor : pasuruankab

Berita Terkait

Kunjungan Alumni MAN IC Serpong Jadi Angin Segar Siswa Baru MAN IC Pasuruan

Jum'at, 20 Juli 2018, 11:18

Kab. Pasuruan (MAN IC) - Tepuk riuh penuh kegembiraan dan kebanggaan sontak terdengar memenuhi ruangan saat panitia MATSAMA memperkenalkan 2 orang alumni MAN IC Serpong yang saat ini berstatus mahasis...

Siswa Baru MAN 2 Pasuruan Mendapat Materi Pendidikan Anti Radikalisme Di MPLS

Jum'at, 20 Juli 2018, 11:25

Kab. Pasuruan (MAN 2) - Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di semua jenjang pendidikan madrasah biasanya dilaksanakan selama 3 hari sejak 16 s/d 18 Juli 2018 meski ada beberapa madrasah yang ma...

Kasubbag TU Dan Kasi PHU Orang Pertama Penerima Pengiriman Kopor CJH Kab. Pasuruan

Jum'at, 20 Juli 2018, 14:36

Kab. Pasuruan (PHU) – Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan menjadi orang pertama yang menerima pengiriman kopor calon ja...

Kasi Kesiswaan Dan Kasi PendMa Ajak Siswa MAN IC Pasuruan Untuk Tunjukkan Eksistensi

Kamis, 19 Juli 2018, 09:30

Kab. Pasuruan (Pendama) - Suatu keistimewaan dan kebanggaan bagi siswa MAN IC Pasuruan, di awal masuk tahun ajaran baru mereka selalu mendapat support dan motivasi langsung dari Kasi Kesiswaan Kanwil ...