logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014.

Tingkatkan Kapasitas, Pengurus FKUB dan Tokoh Agama Ikuti Workshop KUB

Kamis, 19 Oktober 2017, 17:05
Kabag TU saat membuka workshop KUB

Bojonegoro (Hukum KUB) – Untuk meningkatkan kapasitas pengurus FKUB dan tokoh agama Bojonegoro, PKUB (Pusat Kerukunan Umat Beragama) Kemenag RI menggelar workshop di hotel Aston Bojonegoro sejak Rabu (18/10) hingga Jumat esok (20/10).

Workshop yang diikuti oleh 100 orang dari tokoh 6 agama serta pengurus FKUB Bojonegoro ini dibuka oleh kepala bagian tata usaha Kanwil Kemenag Prov. Jatim H.Amin Mahfudh. Dalam sambutannya mewakili Kakanwil, Amin Mahfudh mengajak seluruh tokoh agama untuk terus menggelorakan kerukunan pada masyarakat. Hal ini jelas Kabag TU karena saat ini terdapat beberapa pihak yang ingin merusak kabhinnekaan di Indonesia. Karenanya Kabag TU mewanti wanti agar jangan sampai muncul pertentangan antar umat beragama.

"jangan sampai ada pertentangan antar umat beragama, karena ketika ada kres pertentangan, harganya sangat mahal," pesan Amin Mahfud saat membuka workshop kemarin petang, Rabu (18/10).

Kabag TU pun mengajak pengurus FKUB serta tokoh agama untuk bersatu menjaga kebhinnekaan sebagai teladan bagi kerukunan umat beragama.

"mari jaga kebhinnekaan ini. masyarakat kita paternalistik. ketika tokoh agama bisa bersatu, maka umat dibawahnya pun akan mengikuti," terangnya.

Sementara itu, Alifosra Nur kepala bidang pada PKUB Kemenag RI menjelaskan adanya kenaikan indeks kerukunan umat beragama di Indonesia. Tahun 2015, jelas Alifosra Nur indeks kerukunan berada pada angka 75.36%, sementara tahun 2016 menjadi 75.47%.

"tahun 2015 ke 2016, indeks kerukunan di Indonesia meningkat 0.11 %, " jelasnya saat menyampaikan laporan panitia, Rabu (18/10).

Kenaikan indeks tersebut, jelasnya merupakan kerjasama seluruh elemen masyarakat termasuk FKUB sebagai garda depan penjaga kerukunan umat beragama. FKUB, tuturnya menjadi media efektif untuk dialog antar umat beragama sehingga dapat menekan konflik yang muncul pada umat beragama. (isn)

Editor : hans/mn

 



Editor : admin

Berita Terkait

Rakoor Lintas Agama dan Lintas Sektoral Hasilkan Penggalakkan Kembali PMP dan P4

Jum'at, 18 Mei 2018, 09:16

Sidoarjo (Inmas) – Menyikapi peristiwa ledakan bom yang terjadi di beberapa daerah Jawa Timur, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menggelar rapat koordinasi bersama tokoh lin...

Buka Workshop Peningkatan Toleransi, Kakanwil Ajak Hormati Perbedaan Yang Ada

Selasa, 15 Mei 2018, 21:02

Surabaya (Hukum KUB) - Perbedaan adalah sunnatulloh dan sebuah keniscayaan. Tuhan telah menciptakaan perbedaan di muka bumi ini. Maka hormatilah perbedaan yang ada. Hal tersebut disampaikan Kakanwil ...

Buka Orientasi Peningkatan SDM Hukum, Kakanwil : Hati-Hati Buat Redaksi

Kamis, 15 Maret 2018, 10:05

Surabaya (Hukum KUB) - Saat membuka kegiatan orientasi peningkatan sumber daya manusia (SDM) bidang hukum di hotel Namira Syariah Surabaya, Rabu (14/3), Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Syamsul Ba...

Tingkatkan Kapasitas, Pengurus FKUB dan Tokoh Agama Ikuti Workshop KUB

Kamis, 19 Oktober 2017, 17:05

Bojonegoro (Hukum KUB) – Untuk meningkatkan kapasitas pengurus FKUB dan tokoh agama Bojonegoro, PKUB (Pusat Kerukunan Umat Beragama) Kemenag RI menggelar workshop di hotel Aston Bojonegoro sejak...