logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014, Nikah di KUA GRATIS, di Luar KUA Membayar Rp 600 ribu, Disetorkan Langsung ke Bank, ZONA INTEGRITAS KUA, Tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan Jika Terbukti!. Anda ingin Umrah? Pastikan 5!!! Pasti Travelnya, Pasti Jadwalnya, Pasti Terbangnya, Pasti Hotelnya, Pasti Visanya.

Setelah menunggu dua hari, BNPT-BPS Temui Kepala Kemenag

Kamis, 12 Oktober 2017, 19:03

Kab. Probolinggo (Inmas) - Bereselang dua hari sejak selasa (10/10) pasca audensi Tim BNPT-BPS dengan Kasubag TU Kemenag. Tim kembali melakukan audensi dengan Pimpinan Kemenag langsung hari Kamis, (12/10). Hal ini dikarenakan Kepala Kemenag mendampingi salah seorang peserta Pentas PAI VIII Tingkat Nasional di Banda Aceh. 

 

Tim yang terdiri tiga orang tersebut diterima langsung Kepala Kankemenag Kabupaten Probolinggo H. Santoso, di ruang kerjanya dengan didampingi salah seorang penyuluh agama fungsional. Maksud dan tujuannya sebagai tindak lanjut crossceck data BNPT terkait Survei Ormas Radikalisme dan Anti Radikalisme di Kabupaten Probolinggo.

 

H. Santoso secara mendetail menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh ketiga tim yang memang sangat membutuhkan validitas data yang faktual. Seperti yang disampaikan sebelumnya oleh Kasubag TU Kemenag, Kepala menjelaskan bahwa situasi Probolinggo hingga saat ini sangat kondusif belum ditemukan adanya aliran-aliran radikal yang bisa meresahkann masyarakat.

“Saya memang baru di Probolinggo, terhitung sebelas bulan lalu menggantikan H. Busthami kepala Kemenag sebelumnya, Namun kami memiliki banyak penyuluh agama yang tersebar di 24 kecamatan, 27 penyuluh agama fungsional ditambah 192 penyuluh agama non PNS dan di masing-masing kecamatan ada seorang penyuluh agama yang bertugas pada penanganan Aliran Radikalisme dan sempalannya. Alhamdulillah hingga saat ini laporan terkait aliran yang dilarang pemerintah tersebut tidak ada, jelas Santoso.

 

Suasana kekeluargaan sangat terasa, keakraban ketiga tim tersebut cukup memberikan nilai positif dalam komonikasi aktif, yang kemudian berkembang banyak usulan diantaranya ketika seorang penyuluh menjelaskan kronologi perjalanan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Koordinasi lintas sektoral antara Pemerintah Kabupaten Probolinggo secara keseluruhan baik melalui Kesbangpol-Linmas, Organisasi Islam dan Sosial serta jajaran SKPD dan Kemenag bisa terjalin dengan baik sehingga memudahkan konsolidasi dan kondusifnya situasi di sini. (Ansori).

 

Editor : hans/isn/mn

 

 



Editor : probolinggokab

Berita Terkait

Didampingi Ketua Pokjaluh, Subdit Kemasjidan Bimais Lakukan Ferivikasi Ke Daerah

Kamis, 19 Oktober 2017, 07:20

Kab. Probolinggo (Bimais) - Rabu (18/10) Masjid tidak hanya sebagai tempat beribadah seperti sholat namun sekaligus sebagai institusi sosial dan pemberdayaan umat islam; masjid bisa menjadi taman pend...

Sambut HSN, IGRA Probolinggo Gelar Festival Anak Sholih-Sholihah

Rabu, 18 Oktober 2017, 09:08

Kab. Probolinggo (IGRA) -  Rabu (18/10)Di pagi yang cerah ini halaman Kankemenag kabupaten Probolinggo dipenuhi anak-anak, dan guru Raudlatul Athfal (RA) dalam acara mengikuti pagelaran “Fe...

Bimtek K13, Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi guru

Rabu, 18 Oktober 2017, 13:10

Kab. Probolinggo (PendMa) - Bertempat di Aula Yayasan Rohmatul Ummah (MI-MTs-MA) Miftahul Ulum asuhan KH.  Nur Khotim Kropak, Bantaran, Kabupaten Probolinggo, Pengurus KKMI menyelenggarakan &ldqu...

ASN Kemenag Ikuti Apel Bendera dan Binkarsital

Selasa, 17 Oktober 2017, 11:08

Kab. Probolinggo (Inmas) Hari ini semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo  melaksanakan Apel Bendera dan sebagai Inspektur Upacara H. Moh. Haris HK...