logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014.

Setelah menunggu dua hari, BNPT-BPS Temui Kepala Kemenag

Kamis, 12 Oktober 2017, 19:03

Kab. Probolinggo (Inmas) - Bereselang dua hari sejak selasa (10/10) pasca audensi Tim BNPT-BPS dengan Kasubag TU Kemenag. Tim kembali melakukan audensi dengan Pimpinan Kemenag langsung hari Kamis, (12/10). Hal ini dikarenakan Kepala Kemenag mendampingi salah seorang peserta Pentas PAI VIII Tingkat Nasional di Banda Aceh. 

 

Tim yang terdiri tiga orang tersebut diterima langsung Kepala Kankemenag Kabupaten Probolinggo H. Santoso, di ruang kerjanya dengan didampingi salah seorang penyuluh agama fungsional. Maksud dan tujuannya sebagai tindak lanjut crossceck data BNPT terkait Survei Ormas Radikalisme dan Anti Radikalisme di Kabupaten Probolinggo.

 

H. Santoso secara mendetail menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh ketiga tim yang memang sangat membutuhkan validitas data yang faktual. Seperti yang disampaikan sebelumnya oleh Kasubag TU Kemenag, Kepala menjelaskan bahwa situasi Probolinggo hingga saat ini sangat kondusif belum ditemukan adanya aliran-aliran radikal yang bisa meresahkann masyarakat.

“Saya memang baru di Probolinggo, terhitung sebelas bulan lalu menggantikan H. Busthami kepala Kemenag sebelumnya, Namun kami memiliki banyak penyuluh agama yang tersebar di 24 kecamatan, 27 penyuluh agama fungsional ditambah 192 penyuluh agama non PNS dan di masing-masing kecamatan ada seorang penyuluh agama yang bertugas pada penanganan Aliran Radikalisme dan sempalannya. Alhamdulillah hingga saat ini laporan terkait aliran yang dilarang pemerintah tersebut tidak ada, jelas Santoso.

 

Suasana kekeluargaan sangat terasa, keakraban ketiga tim tersebut cukup memberikan nilai positif dalam komonikasi aktif, yang kemudian berkembang banyak usulan diantaranya ketika seorang penyuluh menjelaskan kronologi perjalanan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Koordinasi lintas sektoral antara Pemerintah Kabupaten Probolinggo secara keseluruhan baik melalui Kesbangpol-Linmas, Organisasi Islam dan Sosial serta jajaran SKPD dan Kemenag bisa terjalin dengan baik sehingga memudahkan konsolidasi dan kondusifnya situasi di sini. (Ansori).

 

Editor : hans/isn/mn

 

 



Editor : probolinggokab

Berita Terkait

Santoso : Pendidikan Agama Membentuk Insan Taqwa, Berakhlak Mulia dan Terus Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama

Selasa, 17 Juli 2018, 05:47

Kab. Probolinggo (PD-Pontren) - Pemerintah telah memberikan perhatian khusus kepada Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dengan dikeluarkannya PP 55/2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Kea...

Sosialisasi Penulisan Ijazah, Kasi PendMa : Pahami Juknis Dengan Baik

Selasa, 17 Juli 2018, 06:21

Kab. Probolinggo (PendMa) - H. Didik Heriyadi harus terus melakukan inovasi dan perbaikan di semua lini untuk membawa pendidikan menuju “Madrasah Hebat Bermartabat”, hampir setiap saat ia ...

Kemenag Berupaya Bentuk Kampung Zakat

Selasa, 17 Juli 2018, 07:31

Kab. Probolinggo (Inmas) - Gerakan inovasi dan perubahan yang dilakukan oleh Kementerian Agama terus saja bergulir, hal ini sebagai tindak lanjut adanya tugas Diklatpim khusus para Kepala Kankemenag s...

Manasik Terakhir, Calon Jemaah Haji Lakukan Praktik Di Wisata Religi Pantai Bentar

Selasa, 17 Juli 2018, 10:56

Kab. Probolinggo (PHU) - Setelah selama dua minggu melaksanakan Bimbingan Manasik Haji di masing-kecamatan sesuai dengan zona yang telah ditentukan dari 12 zona untuk BMH yang dilaksanakan terpadu ole...