logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014.

Kabag TU Terima Kunker Baznas Kalimantan Barat

Kamis, 12 Oktober 2017, 15:05
Ketua Baznas Jatim saat menyampaikan paparan Baznas di Jatim

Sidoarjo (Penais Zawa) - Kepala bagian tata usaha (Kabag TU) Moch. Amin Mahfud menerima kunjungan kerja (kunker) bidang penais Zawa dan Badan amil zakat nasional (Baznas) provinsi kalimantan Barat, Rabu (11/10). Kehadiran 20 orang tamu rombongan yang dipimpin oleh Kabag TU  sekaligus merangkap sebagai plt. Kabid Penais Zawa Kanwil Kemenag Provinsi Kalbar Ridwansyah ini diikuti oleh unsur Baznas, MUI serta pimpinan dan staf pada bidang Penais Zawa.

Ridwansyah menjelaskan bahwa kehadiran diri dan timnya ke Jawa Timur untuk menggali informasi tentang pemberdayaan pengumpulan zakat profesi bagi PNS, serta pengelolaan Baznas di Jawa Timur yang berhasil mendapatkan award tahun lalu.

Sementara Amin Mahfudh dalam sambutannya menjelaskan tentang potensi zakat PNS di Kanwil Kemenag Jatim. Dari 205 PNS muslim Kanwil Kemenag Prov. Jatim, jelas Kabag TU hampir 75 persen PNS di Kanwil Kemenag provinsi Jawa Timur telah bergabung membayar zakat profesi 2,5% pada Baznas serta 20 persen yang bergabung membayar infaq.

Kabag TU menuturkan, untuk menarik minat muzakki pada Baznas, setiap akhir Romadhon para muzakki diberikan voucher pendidikan senilai enam ratus ribu rupiah untuk diberikan pada mustahiq di lingkungan sekitar muzakki. "Muzakki dilibatkan lansung untuk menyalurkan zakat profesinya,"jelasnya.

Selain itu, jelasnya, Kanwil Kemenag Provinsi jawa Timur menjalin hubungan yang baik dengan baznas. Hal tersebut, terangnya dibuktikan dengan adanya klinik Baznas yang berada dilingkungan Kanwil Kemenag prov. Jatim yang melayani pasien kurang mampu secara gratis.

Pada kesempatan tersebut juga menghadirkan ketua Baznas Jawa Timur Abdus Salam yang memaparkan kegiatan, program serta kebijakan pemerintah terkait Baznas Jawa Timur. Abdus Salam menjelaskan tentang penyaluran zakat  Baznas diantaranya melalui program santunan Jatim Peduli, yakni santunan tunai fakir/jompo, renovasi rumah dhuafa, tanggap bencana daerah serta program pemberdayaan seperti pemberian beasiswa SMU/SMK, jaringan klinik gratis dhuafa, modal bergulir UMKM, dan kelompok binaan zakat.

Hingga bulan Desember 2016, jelas Abdus Salam, total bantuan yang telah disalurkan Baznas Jawa Timur mencapai angka Rp. 2.195.465.000 kepada para mustahiq. (isn)

Editor: hans/mn



Editor : admin

Berita Terkait

Ka Kanwil Kemenag Tasyarufkan Zakat dari UPZ Untuk Honorer

Jum'at, 08 Juni 2018, 11:37

Sidoarjo (Penais) - Sebagai bentuk kepedulian terhadap pegawai honorer, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur pada Jumat (8/06) memberikan zakat kepada puluhan pegawai honore...

Rapat Koordinasi Persiapan Inpassing Penyuluh Agama Islam Fungsional

Rabu, 30 Mei 2018, 13:10

Sidoarjo (Penais Zawa) - Rabu (30/05) Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Jawa Timur melalui Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf (Penais Zawa) mengadakan rapat koordinasi persiapan p...

Sosialisasi Persiapan Seleksi Penyuluh Agama Islam Teladan se Jawa Timur

Kamis, 03 Mei 2018, 13:42

Sidoarjo. (Penais Zawa) – Kamis (03/05) Seksi Penyuluh Agama Islam menggelar sosialisasi persiapan seleksi penyuluh agama Islam teladan se Jawa Timur tahun 2018.  Tema yang dipilih dala...

Rapat Koordinasi Penais Zawa bersama Kasi Bimas dan Pembinaan Syari’ah

Senin, 09 April 2018, 10:21

Kab. Sidoarjo (Bidang Penais Zawa) - Persamaan persepsi kinerja dari pusat hingga daerah merupakan instrumen yang sangat dibutuhkan demi mewujudkan keberhasilan dalam menunaikan program kerja. Oleh ka...